SIG Maksimalkan Produk UMKM Dalam Rantai Pasok Bisnis

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG terus mengoptimalkan penggunaan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) nasional dalam rantai pasok bisnis perseroan.

“SIG berkomitmen untuk mengoptimalkan penggunaan produk UMKM dalam operasional bisnis perusahaan untuk mendukung pengembangan dan kemajuan UMKM,” kata Direktur Supply Chain SIG Yosviandri di Jakarta, Jumat.

Yosviandri menambahkan, dalam upaya peningkatan komponen dalam negeri (TKDN), SIG memberikan pendampingan kepada pegiat UKM agar dapat memproduksi suku cadang atau sparepart pabrik SIG guna mengurangi ketergantungan terhadap produk impor.

Proses pendampingan meliputi edukasi spesifikasi produk, pembuatan prototipe, proses uji coba, hingga tes performa di pabrik SIG. Hingga saat ini, sebanyak 8 UKM binaan SIG telah berhasil memproduksi 10 jenis sparepart yang memenuhi standar industri dan siap digunakan di pabrik-pabrik SIG.

Baca Juga  IHSG Hari Ini Berpotensi Turun Dipicu Sentimen Domestik dan Global

Atas kontribusi dalam penyerapan produk dalam negeri, SIG baru-baru ini menerima lima penghargaan PaDi UMKM Expo & Conference Award 2024 pada acara Penutupan dan Penghargaan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 di Kementerian BUMN pada Selasa (27/8) lalu.

Penghargaan yang diraih antara lain Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Frekuensi Transaksi Terbanyak; Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori Buyer Group dengan Volume Transaksi Terbanyak; Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Frekuensi Transaksi Tertinggi, Peringkat 1 BUMN Tipe B kategori BUMN dengan Volume Transaksi Terbanyak, serta penghargaan Best of The Best BUMN Tipe B.

PaDi UMKM Expo & Conference yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN merupakan upaya mendukung pemasaran produk-produk UMKM sekaligus langkah strategis dalam menciptakan ekosistem bagi UMKM untuk bertumbuh secara berkelanjutan.

Baca Juga  INKA Targetkan Pabrik di Banyuwangi Beroperasi 2025

PaDi UMKM Hybrid Expo & Conference 2024 diselenggarakan secara hybrid di dua lokasi yaitu Gedung Sarinah Jakarta pada 11-14 Juli 2024, dan di e-Walk Plaza Balikpapan pada 18-21 Juli 2024. Sementara secara daring dapat diakses di aplikasi PaDi UMKM atau website www.padiumkm.id pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

SIG mencatatkan sebanyak 111 transaksi dengan total nilai mencapai Rp5,13 miliar untuk belanja produk UMKM melalui aplikasi PaDi UMKM selama penyelenggaraan PaDi UMKM Expo & Conference 2024 secara daring pada 11 Juli-10 Agustus 2024.

Adapun jenis produk yang dibelanjakan, di antaranya merchandise, sparepart pabrik, infrastruktur ICT (information and communication technology), alat tulis kantor (ATK), event organizer, dan kalender.

Baca Juga  HUT ke-26 Bank Mandiri Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif

Komitmen dalam penggunaan produk dalam negeri juga telah mengantarkan SIG meraih penghargaan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebagai Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Kementerian Perindustrian dua tahun berturut-turut, yaitu pada 2023 dan 2024.(raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *