Raih Medali Emas Terbanyak, Kota Surabaya Juara Umum Proprov Jatim 2022

Lumajang,JP -Seperti diprediksi sebelumnya, Kontingen Kota Surabaya meraih perolehan medali emas terbanyak dalam gelaran Pekan Provinsi (Porprov) Jawa Timur VII tahun 2022. Dengan demikian, Kota Surabaya kembali mempertahankan gelar Juara Umum Porprov Jatim untuk yang ke-7 kalinya tahun ini.

Kota Surabaya mendapat 130 emas, 99 perak dan 125 perunggu. Sementara juara 2 diraih Kota Malang dengan 70 emas, 67 perak dan 72 perunggu dan juara 3 diraih Kabupaten Sidoarjo dengan 61 medali emas, 66 perak dan 83 perunggu.

Dalam penutupan Porprov Jatim VII tahun 2022 di Stadion Semeru Lumajang, Kota Surabaya hampir mendominasi kemenangan di seluruh cabang olah raga. Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil  mengatakan, juara umum tahun ini diraih Kota Surabaya.

Baca Juga  Menhub : Revitalisasi Lanud Halim Perdanakusuma Rampung

Kegiatan olahraga tersebut, jelas dia, digelar mulai 26 Mei hingga 3 Juli 2022 dan diikuti 38 kabupaten/kota. Dalam Porprov Jatim VII ini, Kontingen Surabaya menurunkan 989 orang atlet.

Sementara itu penutupan Porprov Jatim 2022 yang dihadiri Plt Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak beserta istri serta sejumlah pejabat Pemprov Jatim terlihat ramai dipadati pengunjung.

Dalam penutupan porprov ini dibuka dengan tarian kolosal topeng Kaliwungu dan tari godril dari kabupaten Lumajang. Selanjutnya, para kontingen dari 38 kabupaten dan kota se Jawa Timur berjalan menuju lapangan Stadion Semeru. Penutupan ditutup dengan menyalakan kembang api dan hiburan dengan artis dari grup musik geranium dan Denny Caknan.

Baca Juga  Khofifah Ikuti Perayaan HUT Kemerdekaan Bersama Warga Bulak Banteng

Menurut Bupati Lumajang Thoriqul Haq, pelaksanaan Porprov Jatim VII berdampak bagi ekonomi masyarakat. Bahkan, omzet UMKM naik hingga 200 persen. Selain itu, sarana dan prasarana olahraga semakin baik bahkan berstandar nasional.

“Dengan adanya Porprov Jatim omzet UMKM naik hingga 200 persen serta sarana olahraga semakin bagus,” ujar Bupati Lumajang. (puji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *