Pemerintahan

Perumda Delta Tirta Sidoarjo Terima Sertifikat Halal, Wujud Komitmen Berikan Layanan Terbaik bagi Masyarakat

JATIMPEDIA, Sidoarjo – Perumda Delta Tirta Sidoarjo resmi menerima sertifikat halal sebagai bentuk komitmen dalam memberikan layanan air bersih yang aman dan terjamin bagi masyarakat.

Sertifikat halal ini diserahkan langsung oleh Prof. Hana Catur Wahyuni, S.T., M.M., IPM., selaku Pengarah Halal Center Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) sekaligus Wakil Rektor I Umsida, kepada Direktur Utama Perumda Delta Tirta Sidoarjo Ir. Dwi Hary Soeryadi, M.T., Kamis, (22/5/2025).

Prof. Hana menyampaikan bahwa Halal Center Umsida memiliki peran penting dalam mendampingi berbagai pelaku usaha, mulai dari skala kecil hingga besar, dalam proses menuju produk yang halal, baik untuk keperluan sertifikasi maupun tidak.

“Kami mengapresiasi kerjasama yang baik dengan Perumda Delta Tirta. Prosesnya berjalan lancar dan sertifikat halal dapat terbit sesuai jadwal yang direncanakan,” ujarnya.

Baca Juga  167 Hektare Lahan di Tulungagung Diusulkan untuk Perluasan Tanam Padi

Proses sertifikasi ini dimulai dari pendampingan oleh tim Halal Center, dilanjutkan dengan pelatihan bagi tim manajemen halal PDAM, penyusunan dokumen Sistem Jaminan Produk Halal (SJPH), audit internal dan eksternal, hingga akhirnya sertifikat halal diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Pihak BPJPH menyampaikan bahwa selama tidak ada perubahan pada proses dan bahan, maka sertifikat halal dapat terus digunakan. Namun jika ada perubahan, perusahaan wajib melakukan pelaporan untuk pembaruan sertifikasi.

Direktur Utama Perumda Delta Tirta, Dwi Hary Soeryadi, menegaskan bahwa apa yang diproduksi oleh PDAM sudah dipastikan halal, sehingga masyarakat bisa merasa aman dan nyaman. “Awalnya, ini merupakan aspirasi dari masyarakat yang menginginkan PDAM bersertifikat halal. Sertifikasi ini adalah bentuk tanggung jawab kami untuk memberikan yang terbaik. Terima kasih kepada Umsida atas perannya yang sangat besar,” tuturnya.

Baca Juga  Optimalkan Pelayanan Kesehatan, Bank Jatim Berikan Ambulans ke PMI Jawa Timur

Dwi Hary juga menambahkan bahwa dampak dari sertifikasi ini adalah meningkatnya kepuasan dan kepercayaan pelanggan, serta menjadi penyemangat bagi seluruh tim PDAM untuk terus meningkatkan layanan.

“Air yang kami distribusikan kini tidak hanya berkualitas dan kontinyu, tapi juga telah memenuhi aspek kehalalan. Kami sangat berharap masyarakat terus mendukung PDAM untuk tumbuh dan berkembang lebih baik lagi ke depannya,” pungkasnya.

Melalui pencapaian ini, Perumda Delta Tirta Sidoarjo menegaskan posisinya sebagai penyedia layanan air bersih yang tidak hanya profesional, tapi juga mengedepankan nilai-nilai kepercayaan dan keamanan bagi seluruh lapisan masyarakat. (rin)