Kuartal III Nilai GTV Goto Naik 33 Persen

Jakarta, JP – Manajemen Gojek Tokopdia (GOTO)  melaporkan total nilai transaksi (gross transaction value/GTV) kuartal III naik 33% mencapai Rp161 triliun dari periode yang sama tahun sebelumnya dan melewati target kinerja yang telah ditetapkan antara Rp151 triliun hingga Rp156 triliun.

Sementara itu, pendapatan bruto Q3-2022 juga naik 30% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya mencapai Rp5,9 triliun, mencapai batas atas pedoman yang ditetapkan antara Rp5,7 triliun hingga Rp6,0 triliun.

Pencapaian GTV dan pendapatan bruto pada Q3 tahun ini (Juli-September) juga mencapai rekor tertinggi angkanya dibandingkan dengan enam kuartal sebelumnya sejak Q1-2021.

Adapun sepanjang 9 bulan tahun ini, GTV GoTo mencapai Rp 451,47 triliun dari periode yang sama tahun tahun lalu Rp 324,94 triliu (proforma), meningkat 38,94%.

Baca Juga  Pocari Sweat kembali Gelar Ajang Bakat Bintang SMA 2022

Pendapatan kotor dalam 9 bulan tahun ini juga naik 42,01% menjadi Rp 16,63 triliun dari sebelumnya Rp 11,71 triliun (proforma). Sementara itu, pendapatan bersih selama 9 bulan juga melesat 134,41% menjadi Rp 7,97 triliun periode yang sama tahun lalu Rp 3,40 triliun.

Andre Soelistyo, Direktur Utama Grup GoTo mengatakan perusahaan mencatatkan kinerja kuat di kuartal ketiga, sehingga mempercepat langkah perseroan menuju profit, seiring dengan pertumbuhan pendapatan dan berkurangnya rugi EBITDA yang disesuaikan.

“Margin kontribusi secara grup melampaui pedoman yang kami sampaikan kuartal sebelumnya, dengan margin kontribusi positif di segmen On-Demand Service tercapai pada September, jauh lebih cepat dibandingkan dengan target,” kata Andre, dalam keterangan resmi, Senin (21/11).

Baca Juga  Tokopedia Manjakan UMKM Lewat Festival Beli Lokal

Menurut Andre, pencapaian ini didorong oleh fokus perusahaan dalam memberikan produk terbaik kepada pelanggan loyal serta kedisiplinan perseroan dalam mengelola beban usaha secara efisien. Sebagai contoh, perluasan layanan GoPay Coins secara langsung mendorong rasionalisasi beban promosi sekaligus memberikan apresiasi bagi konsumen yang terus menggunakan layanan GoTo.

“Perbaikan margin usaha sejalan dengan pertumbuhan pendapatan perseroan, yang menunjukkan resiliensi bisnis kami dan kekuatan perekonomian Indonesia. Capaian kinerja keuangan dan operasional pada kuartal ini menegaskan bahwa kami berada di jalur pertumbuhan yang tepat sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia,” kata Andre. (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *