Kemenhub Cek Kesiapan Bandara Juanda Jelang Libur Nataru

JATIMPEDIA, Sidoarjo – Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan memastikan kesiapan operasional Bandara Juanda di Surabaya,  dalam menghadapi angkutan penumpang jelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

“Kemenhub melalui Direktorat Bandar Udara dan Direktorat Navigasi Penerbangan saat ini tengah melaksanakan inspeksi di Bandar Udara Internasional Juanda di Surabaya,” kata Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Surabaya Rizal dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Dia menyampaikan bahwa inspeksi itu bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh fasilitas, prosedur, dan personel bandar udara dalam menghadapi arus mudik Natal dan Tahun Baru.

Rizal menuturkan bahwa fokus utama dari inspeksi itu adalah melakukan evaluasi kesiapan bandar udara dalam memenuhi aspek keselamatan, keamanan, dan pelayanan serta kepatuhan terhadap seluruh ketentuan yang berlaku.

Baca Juga  Aktifitas Penumpang dan Barang di Bandara Lombok Meningkat

 

“Inspeksi yang dilaksanakan oleh para Inspektur dari Direktorat Bandar Udara dan Direktorat Navigasi Penerbangan ini rutin dilakukan terutama jelang masa angkutan udara Natal dan Tahun Baru 2024/2025,” ujarnya,

Rizal menyebutkan beberapa elemen penting yang menjadi perhatian dalam inspeksi, pertama mengenai manajemen operasi apron, meliputi evaluasi terhadap efisiensi dan efektivitas pengelolaan apron, termasuk pergerakan pesawat, kendaraan darat, peralatan penunjang dan personel di area apron.

Kedua, manajemen keselamatan apron meliputi pemeriksaan terhadap penerapan prosedur keselamatan kerja di apron, serta identifikasi potensi bahaya dan langkah-langkah mitigasi.

Ketiga, pemeriksaan daerah pergerakan dan Obstacle Limitation Surface (OLS) meliputi evaluasi terhadap kondisi fisik landas pacu, taxiway, dan OLS, serta sistem pencahayaan dan peralatan navigasi.

Baca Juga  Hingga September, AP I Layani 36,9 Juta Penumpang

Keempat, visual aids dan Sistem kelistrikan meliputi pemeriksaan terhadap kelengkapan dan fungsi visual aids serta sistem kelistrikan yang mendukung operasional penerbangan.

Kelima terminal penumpang meliputi evaluasi terhadap kapasitas terminal, kualitas pelayanan, suhu ruangan, kelengkapan fasilitas, dan peralatan pendukung seperti eskalator, lift, dan sistem informasi penerbangan.

Rizal menuturkan dengan dilakukannya inspeksi secara intensif, diharapkan seluruh bandara di Indonesia khususnya di Bandar Internasional Juanda Surabaya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat selama periode Natal dan Tahun Baru.

“Ditjen Hubud berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan penerbangan dan memastikan keselamatan serta keamanan penerbangan menjadi prioritas utama,” kata Rizal. (cin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *