Harbolnas 2024 Berhasil Bukukan Transaksi Rp31,2 Triliun

JATIMPEDIA, Jakarta – Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang berlangsung dari tanggal 10-16 Desember 2024 mencapai nilai transaksi sebesar Rp31,2 triliun. Dari jumlah itu, rata-rata belanja per orang sekitar Rp318.000.

“Ini mencerminkan antusiasme luar biasa. Sebanyak 98 juta konsumen berbelanja memanfaatkan momentum Harbolnas,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Sabtu (28/12/2024).

Secara tahunan, capaian  tahun 2024 meningkat 21,4 persen dibandingkan tahun 2023. Tahun kemarin, total transaksi Harbolnas hanya sekitar Rp25,7 triliun.

“Yang menggembirakan, produk-produk lokal mendominasi porsi penjualan sebesar 52 persen, dengan nilai transaksi Rp16,1 triliun.  Capaiannya meningkat 31 persen dibandingkan tahun kemarin,” ucap Menko Airlangga.

Tiga katagori produk yang paling tinggi penjualannya adalah pakaian olah raga dan aksesori fesyen, produk perawatan diri, serta makanan minuman. Sementara Live Shopping atau review produk secara daring menjadi fitur yang paling diminati.

Baca Juga  Stok Beras Hingga Akhir Tahun Dipastikan Aman

“Sekitar 50 persen pembeli melakukan pembelian melalui tautan afiliasi yang dibagikan di media sosial. Tahun ini, para seller yang baru onboarding mencatatan capaian penjualan tertinggi,” ujar Menko Airlangga.

Harbolnas 2024 mengedepankan tagline #PakaiProdukSendiri melibatkan 407 peserta. Mereka terdiri dari merchant (pedagang), ritel daring hingga penyedia layanan lokapasar.

“Kehadiran Harbolnas 2024, tidak sekedar mejadi perayaan belanja daring. Tapi ini merupakan langkah nyata untuk mendukung peningkatan perekonomian nasional dan penjualan produk lokal,” kata Menko Airlangga menutup keterangannya. (raf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *