GIIAS 2025 Dongkrak Penjualan, SPK Toyota, Mitsubishi, hingga Chery Meningkat Tajam

JATIMPEDIA, Tangerang – Pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 terbukti menjadi dorongan positif bagi penjualan kendaraan sejumlah agen pemegang merek (APM) di tengah kondisi pasar yang masih dalam fase konsolidasi.

PT Toyota Astra Motor (TAM) melaporkan telah mengantongi lebih dari 4.250 surat pemesanan kendaraan (SPK). Meskipun persaingan kian ketat dan jumlah peserta pameran bertambah, Toyota menganggap angka ini mencerminkan loyalitas kuat dari konsumen. “Kami bersyukur masyarakat masih mempercayai Toyota di tengah tantangan pasar,” ujar Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Menariknya, kendaraan elektrifikasi menyumbang 34 persen dari total SPK Toyota, naik tujuh persen dibanding tahun lalu. Kontributor utamanya adalah Kijang Innova Zenix Hybrid yang menyumbang seperempat dari total SPK. Selama pameran, Toyota juga memperkenalkan dua model listrik terbaru, yakni bZ4X rakitan lokal dan Urban Cruise EV.

Baca Juga  Penjualan Mobil Nasional Naik Tipis di Mei 2025

Di sisi lain, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mencatat capaian 80 persen dari target SPK sebesar 3.300 unit. Mitsubishi Destinator mencuri perhatian dengan membukukan lebih dari 1.000 SPK, melampaui target individual model tersebut. “Pajero Sport dan Xpander juga menunjukkan tren positif,” ungkap Intan Vidiasari, GM Marketing Communication MMKSI.

Chery juga menunjukkan pertumbuhan signifikan dengan mencatat 1.405 SPK. Model hybrid (CSH) mendominasi dengan porsi 42 persen, diikuti mobil listrik murni (BEV) sebesar 35 persen, dan sisanya dari mesin bensin konvensional (ICE). “Tren SPK kami naik 69 persen dibanding tahun lalu, dan kami optimistis bisa mencapai 2.200 unit,” kata Budi Darmawan, Sales Director PT Chery Sales Indonesia.

Baca Juga  Mudik Lebaran, MPM Honda Jatim Siapkan 22 AHASS Siaga & 2 AHASS Siaga+. .

Suzuki meraih momentum berkat peluncuran model baru Fronx yang sukses membukukan lebih dari 4.000 SPK. Presiden Direktur PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Minoru Amano, menyatakan bahwa Fronx berhasil menarik minat pasar dengan fitur keselamatan aktif seperti ADAS di segmen terjangkau.

Sementara itu, merek kendaraan listrik asal Tiongkok, BYD, melalui jaringan dealer Haka Auto mencatat 1.022 SPK, dengan Atto 3 sebagai penyumbang terbesar mencapai 70 persen. Model lainnya yang juga diminati adalah Seal, M6, dan Denza. BAIC, pendatang baru dari Tiongkok, juga mulai menunjukkan geliatnya dengan total 150 SPK dari dealer BAIC Kelapa Gading. Permintaan tertinggi datang dari model BJ30 dan BJ40.(raf)