BRI Siapkan Uang Tunai Rp24,6 Triliun di Libur Nataru

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 24,6 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

Angka ini sedikit lebih kecil dibandingkan alokasi momen Nataru tahun lalu yang mencapai Rp 25,2 triliun, sejalan dengan evaluasi kebutuhan serta penguatan transaksi digital.

Senior Executive Vice President Operation BRI Nyoman Sugiriyasa menyatakan, uang tunai senilai Rp 24,6 triliun yang disiapkan oleh BRI untuk memenuhi kebutuhan transaksi nasabah selama periode Nataru antara 25 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025 atau 8 hari.

Jumlah tersebut telah diperhitungkan dan disesuaikan berdasarkan tren transaksi masyarakat yang semakin mengarah pada layanan digital.

Baca Juga  PLN Icon Plus Amankan Suplai Energi Terjangkau Untuk Kendaraan Listrik

Hal tersebut tercermin dari transaksi tarik tunai di mesin ATM/CRM BRI di sepanjang tahun 2024 yang menurun 10% secara year on year (YoY). Namun disisi lain, transaksi digital di BRI tercatat terus meningkat.

Seperti pada jumlah transaksi Super Apps BRImo yang mengalami peningkatan 39,8% yoy, transaksi QRIS BRI yang tumbuh 176% yoy dan transaksi EDC merchant BRI yang meningkat 97,8% yoy.

“Kami melihat peningkatan adopsi digital banking yang signifikan, sehingga kebutuhan uang tunai sedikit menurun. Namun, kami tetap mengutamakan kesiapan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di daerah-daerah yang memiliki tradisi libur natal,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya, Kamis (12/12/2024).

Baca Juga  AXA Mandiri Donasikan Rp100 Juta untuk SLB Budi Daya

Dari total alokasi uang tunai yang disiapkan, sekitar 63% dana atau sekitar Rp 15,6 triliun akan didistribusikan untuk pengisian mesin ATM/CRM BRI di seluruh Indonesia.

Sisanya sebesar Rp 9 triliun akan dialokasikan untuk kebutuhan di kantor cabang, termasuk layanan kas keliling dan penyediaan uang tunai di daerah-daerah terpencil.

Hingga akhir September 2024 tercatat BRI memiliki lebih dari 721.000 jaringan e-channel yang terdiri dari 700.000 EDC, 12.000 mesin ATM dan 9.000 mesin CRM.

Di sisi lain, BRI memastikan bahwa layanan perbankan, baik tunai maupun non-tunai, dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat selama periode Nataru.

Nasabah dapat memanfaatkan super app BRImo yang memiliki lebih dari 100 fitur terus dioptimalkan dengan teknologi terbaru untuk menjamin kemudahan dan keamanan transaksi.

Baca Juga  Pj. Gubernur Adhy Ajak Bank Jatim Dorong UMKM Jatim Naik Kelas dan Go Global

Masyarakat juga dapat memanfaatkan keberadaan AgenBRILink yang saat ini jumlahnya mencapai lebih dari 1 juta Agen yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Selama periode Nataru, pihaknya memaksimalkan peran agen ini untuk melayani kebutuhan transaksi seperti tarik tunai, setor tunai, pembayaran tagihan, transfer antarbank, pembelian pulsa serta transaksi perbankan lainnya. (cin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *