3 Juta Pelanggan KAI Manfaatkan Diskon Tiket KA Ekonomi Komersil
JATIMPEDIA, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat 3.003.636 pelanggan menggunakan diskon tiket 30 persen untuk kereta api ekonomi komersil sebagai program stimulus pemerintah dalam mendorong mobilitas masyarakat melalui transportasi publik.
“Berdasarkan data Jumat, 18 Juli 2025 pukul 10.00 WIB, KAI mencatat sebanyak 3.003.636 tiket telah terjual dari total 3.529.612 kursi promo yang disediakan, atau setara 85 persen okupansi,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dikutip di Jakarta, Sabtu.
Dia menyampaikan diskon tersebut masih berlangsung hingga 31 Juli 2025. Promo itu berlangsung untuk perjalanan periode 5 Juni–31 Juli 2025 dan terbuka bagi seluruh masyarakat yang ingin bepergian dengan tarif lebih terjangkau.
“Masih tersedia kesempatan bagi pelanggan yang ingin menikmati perjalanan hemat bersama kereta api,” ujar Anne.
Anne menuturkan program itu menjadi bagian dari komitmen KAI dalam mendukung peningkatan mobilitas masyarakat sekaligus memperkuat kontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional.
Dia menyampaikan penyediaan tarif promo bukan hanya bentuk program penjualan, tetapi merupakan strategi korporasi yang sejalan dengan arah pembangunan nasional.
“Setiap kursi promo adalah cara KAI memperluas akses transportasi, memperkuat konektivitas, dan mendukung pemerataan pembangunan sebagaimana amanat pada Asta Cita Pemerintah,” ucap Anne.
Sebagai moda transportasi massal andalan, kereta api dinilai mampu menciptakan multiplier effect yang luas, mulai dari mendorong aktivitas UMKM dan pariwisata, hingga menggerakkan sektor informal di sekitar stasiun.
KAI menyebutkan lima daftar KA tambahan yang masih memiliki ketersediaan tempat duduk untuk periode promo tersebut pertama KA Cirebon Fakultatif (Cirebon – Gambir pergi-pulang/pp); kedua KA Tambahan Lempuyangan – Pasarsenen
Kemudian, ketiga KA Tambahan Pasarsenen – Lempuyangan; keempat KA Tambahan Pasarsenen – Solo; dan kelima KA Tambahan Solo – Pasarsenen
Ia menambahkan tiket promo dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI maupun situs resmi booking.kai.id. Seluruh proses pemesanan dilakukan secara digital, mudah diakses, dan aman.
“Program ini juga menjadi bagian dari pendekatan customer-centric KAI dalam menyediakan layanan transportasi yang inklusif, adaptif, dan berdampak nyata bagi masyarakat luas,” kata Anne.(raf)