XLSMART Dorong Gaya Hidup Berkelanjutan Melalui Fashion Ramah Lingkungan
JATIMPEDIA, Surabaya – PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) menggelar program EcoFusion Sustainability Week sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk “connect every Indonesian for a better life”.
Program ini menjadi langkah nyata perusahaan dalam membangun kebiasaan berkelanjutan melalui tema sustainable fashion, topik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, mudah dipahami, sekaligus relevan dengan tren gaya hidup masa kini.
Direktur dan Chief Regulatory Officer XLSMART, Merza Fachyz mengatakan, melalui inisiatif ini, XLSMART mengajak seluruh karyawan untuk lebih peduli terhadap pengelolaan limbah tekstil dan mendorong terciptanya gaya hidup berkelanjutan yang berdampak positif bagi lingkungan.
“Lewat EcoFusion Sustainability Week, kami ingin menekankan bahwa keberlanjutan bisa dimulai dari langkah sederhana, termasuk dari cara kita berbusana. Fashion bukan sekadar penampilan, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan,” katanya dalam keterangannya, Selasa (2/9/2025).
Rangkaian acara berlangsung pada 19-22 Agustus 2025 yang diisi dengan berbagai kegiatan, seperti workshop upcycling pakaian lama, talkshow inspiratif, bazaar produk ramah lingkungan, hingga digital challenge. Kegiatan ini dirancang tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga pengalaman praktis bagi peserta untuk menerapkan gaya hidup berkelanjutan dalam keseharian.
Dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan ini, XLSMART menggandeng mitra eksternal seperti Setali Indonesia dan ControlNew sebagai fasilitator workshop, serta menghadirkan brand ramah lingkungan di EcoFusion Bazaar. Kolaborasi ini memberikan perspektif nyata mengenai pentingnya sustainable fashion sekaligus mendorong sinergi dengan komunitas.
Melalui EcoFusion Sustainability Week, lebih dari 400 potong pakaian dengan total berat sekitar 120 kg berhasil dialihkan dari potensi menjadi sampah tekstil, untuk kemudian diolah kembali melalui program upcycling dan dijual kembali lewat thrift bazaar.
Pencapaian dari kegiatan ini tercermin dari partisipasi aktif 300 orang atau setara dengan 10% karyawan. Mereka tidak hanya mengikuti workshop dan talkshow, tetapi juga berkontribusi dengan mengumpulkan pakaian untuk didaur ulang dan ikut serta dalam tantangan digital.
Hasilnya, 80% dari mereka kini lebih memahami isu fashion ramah lingkungan dan bertekad untuk menjalani gaya hidup yang lebih berkelanjutan.
Merza Fachyz menambahkan, setelah EcoFusion Sustainability Week, perusahaan akan melanjutkan edukasi seputar isu keberlanjutan melalui Sustainability Week yang digelar rutin setiap 2–3 bulan sekali, serta program bulanan seperti Waste Management Race.
“Sejalan dengan misi perusahaan, XLSMART memasukkan aspek keberlanjutan dalam setiap lini bisnisnya, mulai dari pengelolaan infrastruktur, pengembangan produk, hingga budaya kerja,” pungkasnya. (cin)