Wagub Emil : Jatim Surplus dan Sudah Swasembada Beras

Surabaya, JP – Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyebut Jatim telah swasembada beras. Menurutnya setiap tahun, Jatim selalu surplus beras dan menyuplai berasnya ke sejumlah wilayah, di antaranya ke DKI Jakarta.

“Tahun 2021, jumlah produksi gabah kering giling (GKG) sebanyak 9,789 juta ton. Jumlah itu didapat dari luasan lahan sebesar 1,747 juta hektare. Dari jumlah itu yang dikonvensi jadi beras sebanyak 5,653 juta ton, itu tahun 2021,” ujar Emil, Rabu (17/8).

Mantan Bupati Trenggalek ini menambahkan untuk tingkat konsumsi beras di Jatim sendiri tercatat 4,34 juta ton atau masih surplus 1,3 juta ton di tahun 2021. Emil menyebut Jatim menyumbang lebih dari 18 persen produksi beras nasional. Diketahui untuk Indonesia secara keseluruhan memproduksi GKG sebanyak 54,42 juta ton di tahun 2021 dan yang menjadi beras sebanyak 31,3 juta ton.

Baca Juga  Gubernur Khofifah : Jatim Selaras dengan Arahan Presiden Joko Widodo Bantu Pemodalan UMKM

“Persentasenya Jatim terbesar, Jatim swasembada beras. Kalau ngirim bisa ke mana-mana, salah satunya ke Jakarta saat itu Pak Gubernurnya (Anies Baswedan) datang ke Ngawi terkait urusan itu (beras),” jelasnya.

Emil juga menyampaikan rasa optimis bahwa dengan berkembangnya teknologi pertanian, petani Jawa Timur akan mampu mempertahankan produktivitas padi di tengah tantangan yang kompleks. Seperti iklim dan cuaca yang tak menentu serta konversi lahan untuk pemukiman.

“Kita optimis bahwa Jawa Timur akan terus menjadi lumbung pangan bagi Indonesia. Kita bersyukur bahwa di tengah tekanan tekanan tersebut karena kebutuhan dari pertumbuhan penduduk kita masih bisa mempertahankan produksi yang baik,” terangnya.

Selain itu, dengan memanfaatkan keunggulan teknologi dan meningkatkan daya saing, para petani akan mampu meningkatkan produktivitas. Dan ia berharap ke depan Jawa Timur mampu membuat para petaninya semakin sejahtera.

Baca Juga  Gubernur Khofifah Ziarah ke Pusara RPH. M. Noer

“Mempertahankan bukan hal yang mudah apalagi di tengah perubahan cuaca yang seperti ini. Mudah – mudahan juga kita bisa terus mensejahterakan para petani,” pungkas Emil. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *