UB Malang Kembangkan Program CoE Kampus Merdeka

Malang, JP – Universitas Brawijaya (UB) mencanangkan program Center of Excellence (CoE). CoE, merupakan suatu bantuan program studi untuk mengimplementasikan program kampus merdeka.

Rektor UB, Prof Widodo, mengatakan, tujuan dari  pengembangan program CoE dalam kampus merdeka antara lain Ikut serta membantu untuk memberikan layanan yang maksimal dalam proses pelaksanaan kebijakan Kampus Merdeka.

Penerapannya dengan skema desain kebijakan akademi dan implementasinya dalam kegiatan belajar mengajar, membantu meningkatkan wawasan keilmuan tentang pendidikan yang akan diselenggarakan masing-masing program studi di dalam satu perguruan tinggi, membantu perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kompetisi mahasiswa.

“CoE merupakan wadah organisasi pengembangan menuju arah pendidikan link and match. Karena itu kami gandeng dunia usaha dan industri,” kata Widodo, Senin (18/7).

Baca Juga  Banyuwangi Dipercaya Gelar Kejurnas Balap Sepeda INC

Adapun dua skema yang diterapkan dalam program kampus merdeka ini. Pertama mencakup perancangan, perencanaan, dan implementasi program MBKM baik pada tingkat perguruan tinggi, fakultas dan program. Sementara skema kedua mencakup praktik, riset, serta kegiatan wirausaha.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UB, Prof Abdul Hakim, menambahkan soal kegiatan wirausaha, UB menerima bantuan dana dari pemerintah pusat sebesar Rp6 miliar.

“Ada bantuan Rp6 miliar dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan dialokasikan untuk 750 mahasiswa yang akan berwirausaha. 60 persen anak UB, sisanya mahasiswa lain. Ini contoh program yang ingin siapkan mahasiswa mandiri,” imbuhnya.

Tentunya setiap mahasiswa UB bisa mengajukan proposal yang dikemudian akan dipilih sesuai persyaratan yang berlaku dalam program kampus merdeka. “Setelah diseleksi kemudian muncul dengan anggaran tertentu,” pungkasnya. (sat)

Baca Juga  50 Ribu Jubung Petronite Fest Pecahkan Rekor MURI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *