Telkomsel Bakal Nonaktifkan Sinyal 3G Wilayah Jatim

Surabaya, JP – Operator telekomunikasi Telkomsel mengingatkan pelanggan dan pengguna layanan 3G untuk segera bermigrasi ke layanan 4G karena dalam waktu dekat jaringan seluler generasi ketiga di wilayah Jawa Timur itu akan dinonaktifkan.

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti menjelaskan bahwa sejak akhir Maret 2022 Telkomsel mulai melakukan pembaruan layanan 3G ke 4G pada 50 kabupaten/kota di Jawa Bali secara bwrtahap dan ditargetkan sampai akhir tahun ini sinyal 3G tuntas dinonaktifkan.

Khusus di Jawa Timur, Telkomsel secara masif juga melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang pembaruan layanan 3G ke 4G. Mereka yang masih menggunakan telepon pintar 3G juga segera mengganti dengan smartphone4G untuk bisa bermigrasi ke layanan jaringan generasi keempat tersebut.

Baca Juga  Layanan VoLTE Telkomsel Jangkau Seluruh Wilayah Indonesia

“Ini sebagai bentuk tindak lanjut Telkomsel mematuhi aturan yang ditetapkan Menkominfo. Satu di antaranya kami terus mengingatkan kepada pelanggan 3G di Jawa Timur untuk segera bermigrasi ke layanan 4G dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat,” kata Riny Novitriyanti dalam keterangan tertulis di Surabaya, Rabu.

Menurut Riny, migrasi ini juga upaya perluasan pemerataan layanan 4G dengan menonaktifkan sinyal 3G di beberapa daerah, seperti Sidoarjo dan beberapa kota/kabupaten lainnya di Jawa Timur terhitung mulai 20 Juli 2022 mendatang secara permanen dan dipastikan tidak tersedia jaringan seluler generasi ketiga lagi.

Sebelum tanggal tersebut, kata Riny, akan ada beberapa penonaktifan 3G di beberapa kota di Jawa Timur, seperti Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung,  Blitar dan Pamekasan.

Baca Juga  Umar Samawi Tashar, Kembangkan Startup Hingga Bisnis Kuliner di Jember

“Itu sebabnya kami kembali mengingatkan pelanggan Telkomsel yang masih menggunakan kartu 3G segera migrasi ke kartu 4G dengan mengunjungi GraPARI terdekat agar dapat menikmati digital experienceterbaik,” ujarnya.

Riny menambahkan sejak Maret hingga saat ini sudah banyak pelanggan 3G Telkomsel di wilayah Jawa Timur yang melakukan migrasi SimCard 4G,  sisanya diharapkan segera bermigrasi sebelum sinyal 3G dinonaktifkan secara permanen.

Telkomsel mempermudah pelanggan 3G untuk bermigrasi ke layanan 4G dengan menyediakan perangkat ponsel harga terjangkau yang bisa dibeli di GraPARI terdekat maupun di toko-toko pinsel yang ada di daerah.

“Untuk jadwal daftar kota/kabupaten yang telah dilakukan peningkatan/pengalihan layanan 3G ke 4G sesuai periode waktu dapat diakses melalui website www.telkomsel.com/untungjadi4g. Upgradelayanan 3G ke 4G tersebut kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kesiapan masing-masing wilayah,” kata Riny. (eka/ant)

Baca Juga  Hemat di Bulan Mei, Manfaatkan Potongan Tenor Hingga 3 kali Untuk Motor Matic Honda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *