Smelting Mengajar Bekali Ilmu Siswa SMK Assadah Gresik

Gresik,JP — Program Smelting Mengajar kembali digelar perusahaan pemurnian tembaga PT Smelting  Rabu (27/7). Sejumlah manajer PT Smelting membekali ilmu siswa SMK Assa’adah Bungah, Gresik seputar industri pengolahan tembaga dan soft skill.
Ratusan siswa kelas XII SMK Assa’adah yang mau mengikuti praktik kerja industri (Prakerin) terlihat antusias menyimak materi yang disampaikan.
Senior Manager Technical External Relation, Bouman T Situmorang mengatakan, kegiatan Smelting Mengajar  ini merupakan upaya mendekatkan informasi perusahaan ke SMK.
“Agar apa yang ada di Industri itu terlihat pihak SMK, sehingga bisa menyesuaikan kurikulum pendidikan agar lebih matching dengan industri, khususnya Smelting,” tutur dia dalam sambutannya.
Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Assa’adah Sumiati menyebutkan, kegiatan Smelting Mengajar pembekalan siswa yang bakal terjun praktek kerja ini merupakan langkah awal menjalin kerja sama dengan Smelting.
“Dan Insya Allah akan berkelanjutan program ini, dengan addanya MoU untuk kerjasama lebih lanjut,” kata Sumiati.
Nah dalam momen itu, disampaikan pengenalan alur produksi PT Smelting dalam mengolah bahan tambang yang masih berupa konsentrat, hingga berwujud lempengan tembaga.
Selain itu, para siswa juga diberikan materi tentang public speaking dan teknik menghadap wawancara kerja.
Terlihat siswa yang mengikuti kegiatan tersebut cukup antusias, apalagi ada give away buku bagi penanya.
Fikri, salah satu siswa mengaku mendapatkan banyak wawasan baru, khususnya soal produksi PT Smelting, sebelumnya dia mengaku tidak ada bayangan kalau konsentrat itu seperti pasir.
“Ternyata penambangan dan pengolahan bahan tambang itu tak sesederhana yang saya bayangkan,” ujarnya.
Siswa lain, Alfin, mengaku terkesan dengan materi public speaking Smelting Mengajar. Teknik public speaking yang disampaikan Section Manager General Affairs PT Smelting, Indra SW Junor menurutnya bisa menambah dia pede bicara di depan umum.
“Yang saya ingat itu agar tampil apa adanya ketika berbicara, tak perlu dibuat-buat, tapi tenang dan terstruktur saat menyampaikan sesuatu,” kata dia.
Sebelumnya, PT Smelting juga menggelar kegiatan Smelting Mengajar di SMK YPI Darussalam Cerme, Gresik. (sat)
Baca Juga  Relawan REEI Binaan Smelting Sosialisasikan Pembuatan Eco Enzym

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *