Semester I, Penumpang KAI Tembus 119,8 Juta Orang

Jakarta, JP – Hingga akhir Semester  I/2022, jumlah penumpang jarak jauh yang diangkut PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI KA mencapai 119,8 juta pelanggan. Capaian itu naik 42% dibanding Semester I 2021 sebanyak 84,1 juta pelanggan.

VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis menyeburtkan, volume pelanggan pada Semester I 2022 didominasi pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek dimana jumlahnya hingga 89,9 juta pelanggan.

Kenaikan ini ditunjang meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022.

“Kinerja angkutan penumpang KAI grup pada Semester I/2022 mengalami recovery yang signifikan. Tren positif ini menunjukkan mulai meningkatnya mobilitas masyarakat serta meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap angkutan kereta api,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca Juga  Gresik Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya

Dia menuturkan, pada tahun ini pihaknya juga terus memperluas layanan dengan mengoperasikan kembali jalur KA Garut – Cibatu pada 24 Maret 2022. Jalur Garut – Cibatu dibuka pertama kali pada tahun 1889 dan berhenti beroperasi pada tahun 1983.

Dalam reaktivasi jalur sepanjang 19 km tersebut, juga dioperasikan kembali 3 stasiun yaitu Stasiun Garut, Wanaraja, dan Pasirjengkol. Sementara itu, pada periode Semester I 2022 pula, KAI kembali menyelenggarakan Angkutan Lebaran, setelah 2 tahun vakum akibat kasus pandemi Covid-19 masih tinggi.

Volume pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 mencapai 4,39 juta pelanggan yang diselenggarakan selama 22 hari yakni 22 April s.d 13 Mei 2022. “Pencapaian tersebut telah mendekati pencapaian Angkutan Lebaran di tahun 2019 sebanyak 6,84 juta pelanggan,” pungkasnya. (eka)

Baca Juga  Mitsubishi Luncurkan Truk Fuso Berstandar Euro 4

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *