Semen Gresik Gunakan 100 Persen Gysum Dalam Negeri

Gresik, JP – PT Semen Gresik (Persero) konsisten menjalankan prinsip manufacturing excellent yang berlandaskan industri hijau dengan  penggunaan 100% gypsum murni sebagai bahan baku produksi semen.

Pemanfaatan gypsum murni merupakan hasil dari penyerapan produk industri lainnya yang mampu menghemat penggunaan sumber daya alam tidak dapat terbaharui, sekaligus mendukung peningkatan penggunaan produk dalam negeri (TKDN) sehingga dapat menekan penggunaan produk impor.

Senior Manager of Communications and CSR PTSG Dharma Sunyata menjelaskan bahwa dengan pemanfaatan gypsum murni SG masuk dalam daftar salah satu praktik terbaik Semen Indonesia Group (SIG). Selain itu, SG juga menjadi perusahaan pertama sejak beroperasi dari 2017 sampai sekarang yang konsisten dalam pemakaian 100% gypsum murni sebagai bahan baku.

Baca Juga  Melalui Renewable Energi Certificate, PLN Penuhi 291.347 MWh Listrik Hijau Kebutuhan Pelanggan Jawa Timur

“Semen Gresik membutuhkan 3%-5% purified gypsum dari total jumlah produk semen yang dihasilkan. Untuk target 2022 ditingkatkan menjadi 14% dari 2021,” ujar Dharma, Rabu (10/8).

Gypsum murni merupakan bahan material yang wajib ditambahkan pada proses penggilingan klinker menjadi semen, dengan fungsi untuk mengatur waktu pengikatan semen. Dalam penggunaan bahan ini, perusahaan diuntungkan dengan biaya yang lebih ekonomis, karena harga lebih kompetitif dibandingkan gypsum impor.

“Semen Gresik berkomitmen untuk terus konsisten dalam menjaga kualitas produk dan mendukung pembangunan di Indonesia, seperti jalan  tol, jembatan, gedung, dan bangunan lainnya,” pungkas Dharma. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *