Polinema Malang Juara Umum Karya Tulis Ilmiah Nasional

Malang, JP – Mahasiswa Politeknik Negeri Malang (Polinema) menjuarai Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) di Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram pada 16-18 Juli 2022.

Tim Polinema di bawah bimbingan Christyfani Sindhuwati, terdiri dari empat mahasiswa yaitu Poppy Puspa Maya dan Syayyidah Fatimatuz Zahro dari Prodi D-IV Teknologi Kimia Industri, serta Salamatul Hifdiyah dan Dewi Shinta Nur Afifah dari Prodi D-IV Jaringan Telekomunikasi Digital. Semuanya meraih Juara Umum dan banyak memboyong piala bergilir.

LKTIN Futuristics And Prestige Research, Technology and Art (FAPERTA) FAIR 2 diselenggarakan oleh Universitas Nahdlatul Wathan, Mataram bermitra dengan Sentosa Foundation. Tema FAPERTA FAIR 2 ini adalah “Ide dan Inovasi untuk Mewujudkan Indonesia yang Lebih Baik”.

Baca Juga  Khofifah : Santri Jadi Sosok Game Changer Hadapi Ketidakpastian Dunia

“Ajang kompetisi ini diikuti oleh tim mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya UGM, UNDIP, Politeknik Ketenagakerjaan Jakarta, UNSOED, UNSRI, UNJ, dan UNRAM,” kata Poppy.

Sub tema dalam lomba ini adalah pertanian dan pangan, kesehatan, lingkungan, pendidikan, ekonomi, teknologi, pariwisata, dan sosial budaya. Tahapan seleksi dalam lomba ini meliputi seleksi paper dan presentasi untuk dipilih juara terbaik I, II, dan III dari seluruh bidang.

“Inovasi tim kami adalah buku 3D berbasis barcode audio terintegrasi aplikasi android dengan metode brain based learning menuju SDGs 2030. Manfaatnya untuk memperbaiki kualitas pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini sesuai poin 4 dalam SDGs 2030,” jelas Salma, mahasiswa Polinema.

Baca Juga  Lima Pelajar Asal Jatim Raih Dua Penghargaan di Bangkok IPITEx,

Pembimbing tim, Christyfani Sindhuwati, ST, MT., mengatakan penghargaan yang diperoleh tim mahasiswa adalah anugerah dan buah dari kerja keras tim yang patut diapresiasi.

“Keikutsertaan Poppy, Zahro, Salamatul, dan Intan dalam kompetisi nasional ini adalah kesempatan luar biasa bagi mahasiswa sebagai ajang aktualisasi diri, pengembangan potensi serta softskill,” katanya.

Dosen Jurusan Teknik Kimia ini berharap keikutsertaan dan keterlibatan mahasiswa Politeknik Negeri Malang dalam berbagai kompetisi, nasional dan internasional, dapat terus meningkat dan berkembang setiap tahunnya.

“Semoga apa yang telah dilakukan Poppy dan tim dapat menginspirasi dan memotivasi rekan-rekan mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi,” pungkasnya. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *