PLN Ssalurkan 95.444 MWh Listrik Hijau ke Pelanggan Jatim

Surabaya, JP – Sepanjang semester I-2022, PLN telah menyalurkan 95.444 Megawatt hour (MWh) atau setara 95.444 unit listrik hijau kepada 20 pelanggan melalui layanan Renewable Energy Certificate (REC) di Jawa Timur.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran mengatakan, PT PLN (Persero) komitmen mendukung program pemerintah dalam transisi energi. Saat ini, PLN menggencarkan penggunaan green energy dan mengkampanyekan konversi kompor gas ke kompor induksi.

Dikatakan, penggunaan energi hijau ini merupakan kolaborasi antara PLN dengan pelaku industri untuk mendukung transisi energi yang mana pendapatan dari REC akan dialokasikan untuk pengembangan EBT.

“REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang transparan, akuntabel dan diakui secara internasional serta tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur. Cara pengadaan atau pembeliannya pun relatif mudah dan cepat yakni melalui website PLN,” papar Lasiran.

Baca Juga  Pupuk Indonesia Bangkitkan PIM Dari Mati Suri Satu dekade

Sebelumnya, PLN UP3 Sidoarjo telah melakukan penandatanganan kerjasama pembelian REC sebanyak 18.000 MWh bersama Ecco Tannery Indonesia pada Kamis (4/8/2022). Perwakilan Ecco Tannery Indonesia, Antonio Telesca memaparkan merasa terbantu dengan adanya program REC PLN karena dapat berkontribusi pada penggunaan energi hijau.

“Prosesnya cepat dan dibantu sepenuhnya oleh tim PLN. Kami berharap dengan mengambil bagian melalui program ini dapat menyukseskan program transisi energi,” jelasnya.

Di sisi lain, PLN pun menggencarkan upaya electrifying lifestyle melalui konversi kompor gas ke kompor induksi untuk keseharian. Seperti saat penandatangan perjanjian di Sidoarjo, PLN mengajak pelanggan yang telah hadir untuk menyaksikan demo memasak menggunakan kompor induksi, disamping itu Manager PLN UP3 Sidoarjo, Muhammad Eryan Saputra juga menjelaskan berbagai kemudahan memasak dengan kompor induksi dan menarik seluruh pelanggan yang hadir untuk menyaksikan nyamannya masak menggunakan kompor induksi.

Baca Juga  Perayaan Nyepi, PLN Prediksi Beban Puncak di Bali Turun Hingga 40 Persen

Selain di Sidoarjo, kampanye memasak menggunakan kompor induksi juga diselenggarakan oleh PLN UP3 Bojonegoro dalam acara Lamongan Tempoe Doeloe pada 4-6 Agustus 2022. Animo pengunjung yang tinggi di booth PLN menunjukkan antusiasme ketertarikan masyarakat akan penggunaan kompor induksi dan aplikasi PLN Mobile.

Begitu pula dengan PLN UP3 Jember yang menggencarkan electrifying lifestyle terlihat dengan keikutsertaan pada gelaran Jember Fashion Carnaval. PLN secara aktif mengajak keterlibatan pengunjung acara untuk mendapatkan pengalaman menggunakan kompor induksi serta memanfaatkan promo Nyaman Kompor Induksi yakni tambah daya dengan biaya hanya Rp150.000 bagi pengguna kompor induksi.

“Hingga awal Agustus ini yang telah memanfaatkan program Nyaman Kompor Induksi sebanyak 23.886 pelanggan, yang terbanyak dari wilayah PLN UP3 Malang sebanyak 3.413 pelanggan, kedua Banyuwangi sebanyak 2.738 pelanggan, dan yang ketiga Bojonegoro sebanyak 2.435 pelanggan,” terang Lasiran. (eka)

Baca Juga  PLN Siapkan Listrik Andal Demi Jadikan Indonesia Tuan Rumah KTT ASEAN Labuan Bajo yang Spesial

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *