PLN Operasikan Jaringan Listrik Wisata Bukit Waung Modangan

Malang, JP – PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur mulai mengoperasikan jaringan listrik di kawasan Wisata Bukit Waung Modangan Sumberoto, Kabupaten Malang. Upaya ini  untuk mendukung potensi daerah berkembang melalui program desa tematik.

Menurut General Manager PLN UID Jatim, Lasiran, PLN memiliki program desa tematik yang ditetapkan sebanyak 16 desa di wilayah Jawa Timur (Jatim). Program tersebut bertujuan untuk membantuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan partisipasi lokal, sekaligus meningkatkan kemandirian ekonomi lokal.

“Salah satu desa tematik yang digagas adalah listrik Desa Wisata Bukit Waung Modangan Suberoto Kabupaten Malang. Desa ini terkenal dengan panorama pantai dan wisata paralayang,” ujarnya, Selasa (26/7).

Baca Juga  Erupsi Gunung Semeru, PLN Siaga Amankan Jaringan Listrik

Ditambahkan, untuk menyukseskan branding kawasan wisata ini sebagai destinasi paralayang nasional dan internasional, PLN secara cepat membangun infrastruktur kelistrikan. Melalui program ini, sambungnya, kawasan wisata ini bisa mendapat aliran listrik dari PLN dengan lancar.

Adapun, pada pengoperasian jaringan listrik di Wisata Bukit Waung ini terdapat 10 gawang Saluran Udara Tegangan Menengah (STUM), 19 gawang Saluran Udara Tengangan Rendah (STUR), Pasang baru listrik sebanyak 26 pelanggan 1 phasa, dan 2 pelanggan 3 phasa, dengan total daya 100 kVa.

Manager PLN UP3 Malang, M.Farqi Faris mengataka bahwa PLN mengimbau seluruh masyarakat untuk ikut berperan dalam menjaga seluruh material dan jaringan PLN.

“Sebagai salah satu upaya untuk menjaga keandalan listrik adalah dengan rabas pohon dekat jaringan, masyarakat juga diharapkan dapat melaporkan kepada PLN, apabila ada pohon yang sudah tumbuh mendekati jaringan agar segera dirabas PLN,” ujarnya.

Baca Juga  PLN Lakukan Cleaning Insulator dengan Metode Online Washer di PLTU Paiton 8

Selain elektrifikasi untuk Bukit Waung Modangan, imbuh Lasiran, program desa tematik juga menginisiasi electrifying marine di Wisata Pancing Widoro, Pasar Banyuputih, Situbondo. Wisata Pancing Widoro yang telah dikelola bersama oleh BUMDes ini rencananya akan dibangun wisata taman pancing, edukasi tambak udang, wisata bahari dan kuliner.

Program electrifying marine sendiri terdapat sebanyak empat pelanggan tambak dengan total daya 220 kVA pada Juni lalu. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *