Pemkab Lamongan Raih Apresiasi Percepatan Imunisasi

Lamongan, JP –  Pelaksanaan program imunisasi rutin lengkap (IRL) sampai dengan usia <5 tahun mengalami penurunan sejak adanya pandemi covid-19. Hal tersebut memunculkan wilayah beresiko tinggi terhadap munculnya kasus PD3I (penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi).

Untuk mengantisipasi munculnya PD3I di Kabupaten Lamongan, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dengan Dinas Kesehatan, TP PKK, dan instansi terkait terus melakukan upaya guna mendorong percepatan pelaksanaan IRL di Lamongan.

Upaya yang dilakukan Pemkab Lamongan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Lamongan, TP PKK Lamongan dan instansi terkait ini, mendapatkan apresiasi dari Pemprov Jatim. Selasa (2/8), Pemkab Lamongan memperoleh penghargaan sebagai salah satu dari 5 kabupaten terbaik dalam kinerja pencapaian IRL periode Januari sampai dengan Mei 2022.

Baca Juga  Pak Yes Minta Literasi Kuliner Digital Lamongan Diperkuat

Menyerahkan penghargaan, juga me-launching BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) tambahan campak-rubela sekaligus rakorkes tahun 2022 di Mercure Grand Mirama Surabaya Hotel, Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak mengungkapkan bahwa BIAN di jawa Timur telah memasuki tahap kedua pada Bulan Agustus ini, dengan pemberian imunisasi tambahan campak-rubela kepada sasaran anak usia 9 sampai 59 bulan dengan target sasaran 2.399.159 anak.

“Kegiatan imunisasi ini dilaksanakan di seluruh sekolah, pos pelayanan imunisasi seperti posyandu, polindes, poskesdes, puskesmas pembantu, puskesmas dan rumah sakit, dan ini gratis. Imunisasi ini akan memberikan perlindungan kepada anak-anak kita dari campak dan sindrom kongenital rubela dengan target minimal tercapai 95 persen, juga imunisasi kejar polio dan DPT-HEB B-HIB untuk perlindungan terhadap PD3I minimal target 80 persen,” ungkap Pak Emil.

Baca Juga  OJK Dapat Rapor WTP dari BPK Untuk Laporan Keuangan 2022

Beliau juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada semua jajaran yang telah bekerja keras untuk mensukseskan pencapaian percepatan IRL di Jawa Timur. “Saya sekali lagi tidak henti-hentinya menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya, terutamanya kepada segenap Ibu/Bapak Bupati/Walikota juga Wakil Bupati dan Wakil Walikota yang hadir, dan jajaran dari pemerintahan kabupaten/kota, Kadinkes semua yang sudah bekerja keras untuk mensukseskan capain ini. Mudah-mudahan dengan dukungan dari tokoh-tokoh baik itu tokoh agama, tokoh masyarakat, mudah-mudahan kita bisa mensukseskan ini, untuk kita dapat mengejar 80 persen dari imunisasi dan khusus untuk misi rubela 90 persen. Semoga Allah meridhoi ikhtiar kita semua untuk melindungi generasi bangsa kita dari PD3I,” tambahnya.

Baca Juga  Sampaikan Nota Keuangan Raperda APBD 2024, Gubernur Khofifah : Perangkaan Telah Sesuai Kondisi Ekonomi Global, Nasional, dan Asumsi Makro Jatim

Bupati Yes setelah menerima penghargaan mengungkapkan, bahwa dengan diterimanya penghargaan tersebut merupakan amanah bagi Lamongan untuk terus berupaya mendorong suksesnya pelaksanaan program IRL, guna melindungi generasi penerus bangsa, utamanya anak-anak di Kabupaten Lamongan.

“Terima kasih atas kontribusi insan kesehatan, aparatur pemerintah dan partisipasi masyarakat, sehingga Kabupaten Lamongan ditetapkan sebagai penerima penghargaan 5 Kabupaten Terbaik, dalam Kinerja Pencapaian Imunisasi Rutin Lengkap di Jawa Timur yang diserahkan oleh Bapak Wakil Gubernur Emil Elestianto Dardak,” ucap Pak Yes. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *