Pemkab Gresik Beri Penghargaan Kepada PT Cargill Cocoa and Chocolate Gresik Atas Peran Aktif Program CSR

Gresik, JP  – Bupati Gresik memberi apresiasi kepada PT Cargill Cacao and Chocolate Gresik atas peran aktifnya dalam menjalankan program Corporate Social and Responsibility (CSR) di Kabupaten Gresik. Apresiasi berupa piagam penghargaan itu diserahkan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani kepada Adi Suprayitno, Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik dalam Kegiatan CSR Gathering yang digelar Pemkab Gresik di Hotel Aston Gresik, Rabu (22/6/2022).

Bersama Cargill, Pemkab Gresik juga memberikan apresiasi kepada 9 perusahaan lainnya di Kabupaten Gresik. Penghargaan atas Partisipasi Aktif Dalam Pembangunan Kabupaten Gresik tahun 2021 Melalui Koordinasi dan Pelaporan CSR ini menjadi kegiatan tahunan yang digelar Pemkab Gresik untuk mengeevaluasi kegiatan CSR industri di Kabupaten Gresik.

Baca Juga  Optimalkan Aset, PTPN X Kembali Kelola 4,4 Hektar Lahan di Jember

Pemkab Gresik menilai apresiasi penghargaan kepada perusahaan coklat dan kakao asal Amerika Serikat. Industri yang berada di Kawasan Industri Maspion ini dinilai berhasil mengelola program CSR melalui pembinaan bank sampah serta peningkatan mutu sarana kesehatan bagi warga sekitar.

Menurut Adi Suprayitno, penghargaan tersebut diberikan karena pihaknya dinilai memiliki kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat sekitar melalui kegiatan corporate social responsibility.
Kegiatan tersebut di antaramya membantu pengeboran sumur air bersih untuk 200 sambungan rumah masyarakat Kecamatan Manyar, konservasi 6 hektar mangrove di sepanjang Kali Mireng, Manyar, penyediaan 208 fasilitas akses air minum layak dan 81 fasilitas jamban sehat untuk masyarakat berpenghasilan rendah di 4 Keluarahan Kec. Gresik, membantu penyediaan bank sampah hingga pembangunan sarana pendidikan dan keagamaan.

Baca Juga  Gus Yani dan Bu Min Apresiasi Satgas Drainase Pompa Air Gresik

“Kami juga memberikan beasiswa pendidikan siswa dari keluarga terdampak pandem. Seluruh kegiatan tersebut secara rutin secara periodik kami laporkan ke Pemkab Gresik. Ini merupakan bagian dari upaya kami dalam membangun komunikasi positif dan keterbukaan dengan pemerintah daerah,” kata Admin dan Relation Manager PT Cargill Indonesia Cargill Cocoa and Chocolate Gresik.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam sambutannya mengatakan, pihaknya membuat kebijakan integrasi penyaluran dana corporate social responsibility (CSR) melalui Peraturan Bupati (Perbup) nomor 92 tahun 2021 tentang pedoman pelaksanaan tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan.

Melalui perbup itu nantinya, CSR perusahaan di Gresik kan diarahkan untuk menangani beberapa problem prioritas. Antara lain pendidikan, pengentasan kemiskinan, dan pengembangan UMKM.

Baca Juga  Jatim Hawane Mbediding, Ini Penyebabnya

Dikatakan, dengan kebijakan ini, semua ikut terlibat pembangunan, termasuk korporasi. Sehingga sumber pendanaan pembangunan tak hanya dari APBD maupun APBN.

“Misalnya kami bersama DPRD Gresik pernah menghitung kebutuhan pembangunan fasilitas fisik pendidikan kuta seluruhnya mencapai 400 miliar rupiah, sementara pada saat yang bersamaan infrastruktur juga butuh anggaran yang hampir sama, nah ini misalnya yang kosong di sektor pendidikan bisa diisi oleh CSR,” papar Yani, dalam kegiatan CSR Gathering bersama puluhan perusahaan, Rabu (22/06/2022).

Bupati berlatar belakang pengusaha itu juga menekankan, data-data yang dimiliki pemkab terkait angka kemiskinan maupun problem sosial lainnya bisa digunakan landasan untuk program penyaluran CSR. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *