Lamongan Gelar Pemantapan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

Lamongan, JP  – Pemerintah Kabupaten Lamongan pada tahun ini mampu mempertahankan predikat A atas hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2021. Prestasi tersebut menjadi kali keempat sejak tahun 2018.

Untuk mempertahankan predikat SAKIP yang semakin baik ini, Pemkab Lamongan menggelar Pemantapan Reformasi Birokrasi dan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi pemerintahan) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan Tahun 2021 di Gedung Pertemuan Gajah Mada Lt 7 Pemkab Lamongan, Selasa (26/7/2022) yang secara resmi dibuka oleh Wabup Lamongan Abdul Rouf. Dalam kesempatan tersebut turut dihadiri Budi Prawira, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan pengawasan I.

Baca Juga  Jatim Sukses Catatkan Transaksi Produk UMKM 48,7 Miliar Dan Investasi Dalam Misi Dagang ke Malaysia

Menjadi narasumber dalam kegiatan yang dimoderatori oleh Sekda Lamongan Moh Nalikan, Budi Prawira mengungkapkan, Reformasi Birokrasi merupakan perubahan pola pikir dan budaya kerja dari aparatur negara yang harus dilakukan secara masif, konsekuen, dan konsisten, dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik atau good governance. Jadi, dengan kata lain, Reformasi Birokrasi adalah upaya pembaruan dan perubahan mendasar terhadap sistem dalam penyelenggaraan pemerintahan, terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan, dan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga untuk dapat meningkatkan predikat reformasi birokrasi serta mempertahankan predikat SAKIP, lanjut Budi Prawira, diperlukan dua unsur yang seimbang antara kualitas dan implementasi.

“Implementasi itu, bapak ibu harus menjalankan monev, secara simultan melakukan evaluasi kinerja, apabila ada evaluasi yang harus di perbaiki ya kita perbaiki. Kemudian memberikan feedback, nah ini yang harus kita dorong termasuk penggunaan aplikasi yang dapat menunjang kinerja,” ujarnya.

Baca Juga  Pak Yes Inginkan Persiapan Porprov Jatim Ke-VIII Sejak Dini

Kegiatan yang dimaksudkan membangun komitmen seluruh kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lamongan untuk meningkatkan kinerja dalam pencapaian indikator kinerja utama dan indikator kinerja daerah tersebut diikuti 150 peserta yang terdiri dari kepala perangkat daerah serta pejabat yang menangani perencanaan dan evaluasi pada perangkat daerah se-Lamongan.

Dalam kesempatan itu juga turut diserahkan penghargaan SAKIP predikat A tahun 2021 dan penghargaan Reformasi Birokrasi kepada Pemkab Lamongan oleh Prawira yang diterima oleh Wabup Rouf. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *