KADIN : Pameran Inagro Expo Bakal Dihadiri Pengusaha B20

Surabaya,JP – Pameran agrobisnis skala internasional atau Indonesia Agro Expo (Inagro) Expo 2022 yang diinisiasi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur rencananya dihadiri perwakilan pengusaha B20 dan sejumlah negara sahabat.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto di Surabaya, Kamis, mengatakan Inagro Expo 2022 akan digelar pada Agustus 2022 dan memfasilitasi seluruh pelaku industri pertanian, perkebunan dan perikanan mulai hulu hingga hilir.

“Tidak hanya bisa memamerkan produk yang dihasilkan, pelaku industri agro juga bisa mengikuti berbagai kegiatan yang akan memberikan pengalaman dan pengetahuan tentang teknologi pertanian modern,” katanya.

Dalam pameran itu, kata Adik, juga akan ada forum bisnis yang mempertemukan pebisnis bidang agro dari hulu hingga hilir.

Baca Juga  Pebisnis Jatim Lakukan Business Matching di Gebyar Ekspor Jatim Berdaya 2023

“Jatim sebagai provinsi agro diharapkan menyampaikan peluang investasi terkait industri agro di Jatim. Kemudian forum bisnis ini dilanjutkan dengan one on one business, antara provinsi Jatim dengan pemerintah luar negeri atau pengusaha Jatim dengan pengusaha luar negeri,” kata Adik Dwi.

Dengan dipamerkannya teknologi pertanian modern di Inagro Expo 2022, diharapkan terjadi transfer keilmuan antarpetani dengan pengusaha lain, sehingga tercipta model pertanian modern dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

Adik mengatakan selama ini sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar ketiga ekonomi Indonesia dan Jatim, namun kinerja dari tahun ke tahun cukup lambat bahkan cenderung menurun. Hal ini karena belum terbangunnya ekosistem pertanian Indonesia yang tangguh dan berdaya saing tinggi.

Baca Juga  Surabaya Raih Piala Adipura 7 Kali Berturut-turut, Wali Kota Eri Cahyadi Apresiasi Warga

“Untuk itulah, Kadin Jatim bersama stakeholder terkait menggelar pameran Inagro Expo 2022. Rangkaian kegiatan Inagro kami harapkan mendorong terbangunnya ekosistem pertanian yang tangguh sehingga menjadi leading sektor dalam pemulihan ekonomi nasional, khususnya Jawa Timur. Karena Jatim adalah kontributor terbesar kedua untuk ekonomi Indonesia,” kata Adik.

Project Manager B20 Side Event Inagro Expo & Business Forum, Afifah Rahmania mengatakan, panitia pameran telah melayangkan undangan kepada Konsulat Jenderal dari 24 negara yang ada di Surabaya dan sejumlah Duta Besar, di antaranya Duta Besar dari negara Amerika Serikat dan Belanda.

“Yang dalam negeri kami mengundang 34 gubernur beserta delegasi dari provinsi terkait untuk hadir dan mengikuti pameran, sejumlah BUMN dan BUMD, serta seluruh Kadin Provinsi di seluruh Indonesia dan sekitar 110 perusahaan agro. Selain itu, sejumlah menteri dan perwakilan dari perusahaan internasional juga akan turut menjadi pembicara atau memberikan kynote speak dalam kegiatan Inagro Expo 2022,” katanya.

Baca Juga  Dubes Pakistan Tawarkan Kerjasama Perdagangan dan Pariwisata Dengan Kadin Jatim

Terkait jumlah stan yang tersedia, ia mengatakan mencapai 150 stand hingga 160 stand dengan rincian 119 untuk stand indoor dan 35 stand untuk outdoor. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *