Jumlah Koperasi Aktif di Kabupaten Malang Ada 1.239

Malang, JP – Di tengah kemajuan lembaga keuangan dan ekonomi global, peran koperasi tidak bisa dipandang sebelah mata. Pemkab Malang terus meningkatkan pembinaan terhadap koperasi yang ada di wilayahnya. Hingga akhir 2021 lalu, jumlah koperasi yang aktif beroperasi di Kabupaten Malang mencapai 1.239 lembaga.

“Pencapaian selama ini tentu berkat kerja keras bersama, berdasarkan data tahun 2021, jumlah koperasi aktif yang ada di Kabupaten Malang mencapai 1.329 koperasi aktif,” kata Bupati Malang, HM Sanusi saat berbicara dalam Sarasehan Perkoperasian dab Tasyakuran Hari Koperasi Ke- 75 Tahun 2022 di Aula Dekopinda Kabupaten Malang Jalan Raya Tlogomas Barat Malang.

Saat ini, kata dia,  Pemerintah Kabupaten Malang terus mengoptimalkan keberadaan koperasi tersebut sebagai wadah pelaku usaha, sekaligus sebagai sumber permodalan dan juga penyangga perekonomian nasional.

Baca Juga  Bupati Salurkan 1.580 Paket Bantuan Sosial Untuk Nelayan di Kabupaten Gresik

“Kita tentu patut bersyukur saat ini angka kasus penularan Covid-19 di Indonesia sudah melandai. Secara bertahap perekonomian nasional pun telah menunjukkan pertumbuhan yang positif, pada tahun 2021 mencapai 3,69 persen, atau lebih baik dibandingkan dengan tahun 2020 yang mengalami kontraksi di angka 2,07 persen. Kemudian progres yang positif berlanjut pada kuartal I tahun 2022 yakni mencapai angka 5,01 persen,” jelas Bupati Malang.

Dikatakan, dari kegiatan sarasehan koperasi dapat diperoleh informasi, berbagi pengalaman, belajar, dan juga memahami beberapa hal penting yang akan sangat berguna dalam upaya pemantapan peran koperasi, terkait perpajakan, konsultasi hukum bagi koperasi dan UMKM, serta terkait aplikasi akuntansi.

“Jadikan kesempatan ini untuk menggali informasi sebanyak mungkin, untuk saling sharing, berbagi pengalaman dan pengetahuan terkait perkoperasian, tentu saya berharap agar informasi positif yang diperoleh nantinya dapat diteruskan kepada seluruh insan koperasi di Malang,” ucap Bupati Malang.

Baca Juga  Bulog Malang Jamin Pasokan Beras Hingga Panen Raya

Menurutnya, apabila semua pihak dan seluruh insan perkoperasian di Malang dapat bersinergi, berkolaborasi, berperan aktif dan terlibat dalam pembangunan koperasi, maka kedepannya sektor koperasi di Kabupaten Malang akan maju, dengan pertumbuhan signifikan, terarah dan berkelanjutan.

“Hal ini juga akan memperkuat jati diri Kabupaten Malang yang dikenal memiliki predikat sebagai Bumi Koperasi,” kata Bupati Malang

Pada Kegiatan yang bertemakan “Pemantapan Peran Koperasi Sebagai Penggerak Perekonomian Rakyat”, Bupati Malang menerima Penghargaan sebagai Bapak Koperasi Malang yang di berikan langsung oleh Anggota DPRD Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno. Turut hadir pada kegiatan ini Ketua DPRD Malang, Darmadi dan beberapa Perangkat Daerah Kabupaten Malang. (sat)

Baca Juga  Eri Cahyadi : Manfaatkan Lahan Untuk Tanaman Pangan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *