Injourney Sebut 13 Bandara Beri Layanan Optimal Kepulangan Haji 2025
JATIMPEDIA, Jakarta – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mengatakan bahwa sebanyak 13 bandara yang dikelolanya akan memberikan pelayanan optimal selama menyambut kepulangan jamaah haji 1446 Hijriah/2025.
Wakil Direktur Utama InJourney Airports Achmad Syahir dalam keterangan tertulis di Tangerang, Senin, mengatakan, bahwa selama periode kedatangan penerbangan debarkasi haji pihaknya telah menyiapkan bandara-bandara InJourney Airports untuk memberikan pelayanan istimewa selama 30 hari, mulai 12 Juni hingga 11 Juli 2025.
“Sebanyak 13 bandara yang dikelola InJourney Airports siap menyambut momen istimewa ini. Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik di bandara saat jemaah haji tiba di tanah air, untuk turut menjaga kebahagiaan ketika bertemu kembali dengan keluarga,” katanya.
KIa mengatakan, untuk periode kepulangan haji kali ini terdapat sekitar 200.000 jemaah haji yang tergabung dalam 524 penerbangan. Pihaknya memastikan kesiapan dalam memberikan pelayanan.
“InJourney Airports dan pemangku kepentingan bandara telah berkoordinasi agar proses kedatangan di bandara dapat berjalan lancar dan baik serta memenuhi regulasi,” ujarnya.
Dia mengungkapkan, dari ke 13 bandara yang melayani kepulangan jemaah haji dari tanah suci adalah Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar, Kualanamu Deli Serdang, SAMS Sepinggan Balikpapan, Hang Nadim Batam.
Kemudian, Zainuddin Abdul Majid Lombok, Adi Soemarmo Solo, Syamsuddin Noor Banjarmasin, Kertajati Majalengka, Sultan Iskandar Muda Aceh, Minangkabau Padang, dan Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang.
Sementara itu, Direktur Operasi InJourney Airports Agus Haryadi menambahkan, seluruh bandara yang menyambut kepulangan jemaah haji telah menyiapkan rencana operasi guna memastikan terjaganya pelayanan.
“Alur kedatangan penerbangan debarkasi telah ditetapkan, yang disesuaikan dengan karakteristik masing-masing bandara, banyak waktu penerbangan di bandara dipastikan tersedia, kemudian dialokasikan parkir khusus untuk pesawat angkutan haji. Prosedur penjemputan jemaah haji dengan bus, hingga pengantaran bus ke asrama haji juga sudah disiapkan,” jelasnya.
Agus menuturkan, seluruh fasilitas baik di sisi udara (airside ) seperti runway, taxiway dan apron, serta fasilitas di terminal atau sisi darat (landside ) dipastikan dalam kondisi baik.
Untuk Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia, akan melayani kedatangan 122 penerbangan jemaah haji.
Fasilitas pendukung dipastikan siap, mulai dari alur dan proses kedatangan, sistem penanganan bagasi terintegrasi, serta dukungan pemangku kepentingan.
“Personel dan fasilitas di bandara sudah disiapkan untuk menyambut kedatangan angkutan haji yang seluruhnya menggunakan pesawat berbadan lebar atau widebody ,” kata dia.(raf)