Hingga Juni, 4.000 SR Jaringan Gas Terpasang di Gresik

Gresik, JP – Hingga Semester I/2022, Kabupaten Gresik sudah menerima 4.000 sambungan jaringan gas program Kementerian ESDM. Tahun ini ditargetkan terpasang 1.000 sambungan rumah tangga (SR) lagi.

Menurut Camat Cerme, Kabupaten Gresik, Umar Hasyim, program ini merupakan yang pertama di Gresik dan sudah mencakup 6 desa. Untuk jumlah total warga penerima sambungan gas tercatat ada 4.000 rumah tangga di Krcamatan Cerme.

“Salah satunya, di kecamatan lain belum ada untuk jaringan gas. Disini sudah didahului 6 desa 4.000 (rumah tangga),” kata Camat Cerme.

Dikatakan, pemasangan sambungan rumah tangga tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam penggunaan gas alam di rumah tangga.

Terpisah, Habibullah  Dirut PT. Gresik Migas yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menjelaskab, pemasangan jaringan gas saluran rumah tangga  tahun ini sudah berjalan 90% atau sekitar 4.000 SR.

Baca Juga  PGN LNG dan Nusantara Regas Kerja Sama Pemgadaan Armada LNG

Nantinya akan ditambah lagi pemasangan jaringan gas sebanyak 1.000 rumah tangga di tahun ini. Ia juga menjamin kalau pemasangan jaringan gas tidak akan dipungut biaya alias gratis.

“Maka dari itu Pak Bupati pada tahun 2021, memerintahkan kepada kita untuk memberikan jaringan gas, dengan catatan 1, gratis tidak ada biaya apapun untuk pemasangannya” tandasnya.

“Sebagai laporan Pak Bupati, sudah terpasang jargas ini sekitar 90%, dan kompor juga sudah siap diberikan kepada penerima manfaat, dan insyaallah pada tahun ini juga akan ditambah 1.000 saluran rumah tangga” tambah Habib.

Bupati Gresik Fandy Akhmad  Yani mengungkapkan,  program jaringan gas beserta kompornya ini, merupakan amanat yang diberikan  pemerintah untuk memberikan manfaat pada warga sekitar.

Baca Juga  Bupati Gresik Launching SPBU Nelayan Panceng

“Pak Habibullah ini yang menjabat sebagai dirut migas, yang mana ditugaskan oleh pemerintah harus bisa memberikan manfaat, dalam hal ini memberikan kontribusi bahwasanya pelayanan jaringan gas dan kompornya yang mana bekerjasama dengan kementerian ESDM” ujarnya.

Ia juga tegaskan lagi pemasangan jargas ini gratis dan siap digunakan di bulan agustus mendatang.

“Kompor sudah dibagi, sambungan sudah dipasang, insyaallah bulan Agustus ini sudah nyala” tuturnya.

Menurutnya jargas ini akan lebih efisien dan murah dari segi harga dan yang lain. Sehingga Gus Yani menghimbau agar masyarakat berfikir kedepan bagaimana cara menggunakan jargas secara maksimal.

Dalam kesempatan kali ini, Dusun Cagak Agung menerima Kompor Gas sejumlah 20 buah. Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Bupati Gresik Gus Yani dan Dirut PT. Gresik Migas Habibullah kepada warga Dusun Cagak didampingi oleh Kades Cagak Agung dan Camat Cerme. (sat)

Baca Juga  Khofifah : Realisasi Pendapatan Belanja Provinsi Jatim 2022 Naik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *