Hingga Juli, KAI Group Layani 286,57 Juta Pelanggan

JATIMPEDIA, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan sebanyak 286.571.681 pelanggan telah terlayani melalui seluruh layanan angkutan penumpang dalam periode Januari-Juli 2024.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan, angka ini naik 9,04 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 262.811.404 pelanggan.

“Seluruh moda di bawah KAI Group, mulai dari kereta jarak jauh, lokal, commuter line, hingga LRT, mencatat kenaikan,” kata Anne.

Lebih lanjut, ia mengatakan tren ini membuktikan kepercayaan masyarakat terhadap layanan berbasis rel di KAI Group semakin kuat, seiring peningkatan kualitas dan jangkauan layanan di berbagai wilayah.

“Ini sinyal positif bahwa transportasi berbasis rel kian menjadi pilihan utama masyarakat untuk mobilitas harian, perjalanan bisnis, hingga wisata,” ujar dia.

Baca Juga  Pasca Gempa, KAI Daop 8 Pastikan Jalur Kereta Wilayahnya Aman

Pertumbuhan tertinggi terjadi pada layanan LRT Jabodebek dengan 15.772.638 pelanggan atau melonjak 47,23 persen dibanding 10.712.920 pelanggan pada periode yang sama tahun 2024.

Selanjutnya, KAI Wisata melalui layanan kereta Panoramic dan Luxury juga mencatat kenaikan 44,78 persen menjadi 127.094 pelanggan.

Di Sulawesi, KA Makassar–Parepare kereta api pertama di pulau tersebut, melayani 181.898 pelanggan, naik 10,86 persen dari 164.079 pelanggan pada Januari–Juli 2024. (raf)