Dinobatkan Pembina Koperasi Terbaik, Simak Terobosan Positif Bupati Yuhronur Efendi

Lamongan, JP –  Mempertahankan eksistensi koperasi di tengah gempuran persaingan bukanlah perkara mudah, Dibawah kepemimpinan Bupati Yuhronur Efendi berbagai terobosan dilakukan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, mulai dari pembinaan rutin kepada paguyuban, upgrading kompetensi SDM hingga program peningkatan kapasitas koperasi dan UKM.

Tak hanya itu, langkah strategis Diskopum Lamongan melalui program unggulan pemeriksaan kesehatan koperasi mampu meningkatkan tren positif jumlah koperasi di Lamongan. Tercatat pada tahun ini koperasi di Lamongan berjumlah 1.349 dengan rincian koperasi aktif sebanyak 1.103 atau 81,7 persen dengan jumlah anggota sebanyak 113.580 orang.

Diungkapkan Kepala Diskopum Lamongan Agus Suyanto, pemeriksaan koperasi merupakan salah satu cara untuk mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri, tangguh, berdaya saing sesuai jatidiri koperasi. Sehingga selain dapat meningkatkan akuntabilitas juga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat.

Baca Juga  Lamongan Gelar Pemantapan Reformasi Birokrasi dan SAKIP

“Koperasi melakukan modernisasi, yang dulu cuma simpan pinjam sekarang lebih luas, ada koperasi produsen, koperasi konsumen, koperasi pemasaran hingga koperasi jasa yang tentunya keberagaman ini diperoleh dengan regulasi yang sudah diberikan oleh pemerintah,” ucap Agus Suyanto.

Tak hanya program pendukung koperasi, dibawah kepemimpinan Bupati Yes, lanjut Agus Suyanto, berbagai program mendukung tumbuh kembang usaha mikro juga terus digerakkan, mulai dari memunculkan bibit-bitit pengusaha di kalangan milenial melalui program Megpreneur (Megilan Preneur), kemudahan dalam memperoleh Sertifikat Hak Atas Tanah (SHAT) bagi pelaku usaha mikro hingga sertifikat halal bagi produk usaha mikro di Kabupaten Lamongan.

Melalui keseriusan dalam melakukan pembinaan dan penguatan kepada 1.349 Koperasi dan 254.206 Usaha Mikro mampu mengantarkan Bupati Yes meraih penghargaan Kepala Daerah Kabupaten/Kota Pembina Koperasi Terbaik di Jatim. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam acara Puncak peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-75 Tahun 2022 Provinsi Jatim dan pembukaan K-UKM Expo Ke-9 Tahun 2022 di Ballroom Lantai IV Grand City Kota Surabaya, Rabu (27/7) bersama empat kepala daerah lainnya di Jatim.

Baca Juga  Bapanas : Stok Beras Bulog Aman dan Mencukupi Kebutuhan

“Kami akan terus berkomitmen menggairahkan kembali koperasi dan UKM yang sempat lesu akibat dampak pandemi Covid-19. Terima kasih juga untuk seluruh masyarakat dan aparatur pemerintahan atas dukungannya dalam menumbuh kembangkan koperasi dan usaha mikro di Kabupaten Lamongan,” tutur Bupati Yuhronur Efendi di lain kesempatan.

Keberhasilan itu mendapat apresiasi Pemprov Jatim. Dalam puncak perayaan Hari Koperasi ke-75, Rabu (27/7) di Ballroom lantai IV Grandcity Surabaya, Jawa Timur memberikan penghargaan kepada pemimpin daerah Kabupaten dan Kota dalam membina penggeloraan koperasi di daerah masing-masing. Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dinobatkan sebagai Pembina koperasi terbaik di Jawa Timr tahun 2022.

Penghargaan yang diberikan atas landasan kontribusi nyata antara pemerintah Kabupaten Lamongan bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Lamongan yang menjadi mitra strategis untuk memajukan daerah. Dapat dilihat dari koperasi aktif dan sehat di Lamongan yang berjumlah 1.300 koperasi. Hal tersebut menandakan bahwasanya Lamongan terus melaksanaan regenerasi dalam berkoperasi.

Baca Juga  Kemkominfo Pasang Sensor Cuaca Untuk Sistem Irigasi Pertanian di Kediri

“Di Lamongan sendiri terdapat 1.300 koperasi yang aktif dan sehat. Kita terus bergotong royong untuk melakukan regenarasi koperasi, salah satunya ialah beralih ke sistem digitalisasi berkoperasi agar lebih akuntabel dan efektif,” pungkas Bupati Yuhronur Efendi. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *