Di Lumajang, Arumi Bachsin Kampanyekan Gemarikan

Lumajang, JP – Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) terus dilakukan oleh Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak di berbagai Kab/Kota di Jatim.

Kali ini, Jumat (29/7), bertempat di halaman SDN Kalibendo 01 Kec. Pasirian Kab. Lumajang, Arumi Bachsin menyosialisasikan pentingnya kebiasaan makan ikan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat. Bahkan dapat menjadi upaya penurunan angka stunting di Kab. Lumajang.

Untuk diketahui, jika peserta sosialisasi umumnya kaum ibu, kali ini diberikan langsung kepada anak-anak usia sekolah yakni Kelas 1-6 tingkat Sekolah Dasar (SD).

Menurut Arumi, panggilan akrabnya itu, melalui sosialisasi tersebut, diharapkan anak-anak menjadi lebih paham dan sadar berbagai manfaat saat mengkonsumsi Ikan.

Baca Juga  PT Smelting bersama KLHK dan TSI Segera Lepasliarkan Komodo di Cagar Alam Wae Wull NTT

“Hari ini bunda datang, kasih tahu ke semuanya bahwa salah satu pilihan makanan paling bergizi adalah ikan. Gizi yang biasanya ada di ikan, sangat bagus untuk pertumbuhan otak adik-adik semuanya,” tutur Arumi.

Dirinya menuturkan, kandungan Omega 3 dan Zat Besi yang banyak terkandung di dalam Ikan, sangat bagus dikonsumsi oleh anak-anak yang masih masa pertumbuhan. Tujuan utamanya adalah pencegahan gizi buruk yang bisa menjadi salah satu penyebab Stunting.

Dimana, ikan bisa menjadi opsi pemenuhan kebutuhan protein yang terjangkau bagi masyarakat. Ikan memiliki range harga yang lebih variatif. Dari yang mahal sampai dengan murah.

“Mungkin ada beberapa harganya yang lebih terjangkau, tapi bukan berarti, lebih murah gizinya lebih jelek, bukan,” ucap Arumi yang juga menjabat Ketua TP PKK Jawa Timur.

Baca Juga  Hari Anak Nasional, Gubernur Khofifah Ajak Tingkatkan Perlindungan Anak, Bangun Ruang Anak Tumbuh Sehat, Cerdas, Aman, Bahagia dan Sejahtera

“Misalnya ikan patin. Nah, ikan patin ini bagus banget buat perkembangan adik-adik dan juga orang tua,” imbuhnya.

Di akhir, dirinya meminta kepada seluruh peserta sosialisasi agar menyampaikan pesan Gemarikan kepada anggota keluarganya masing-masing. Diharapkan anak-anak usia SD ini bisa menyampaikan pesan kepads orang tuanya demi perbaikan gizi yang lebih baik, demi kemajuan kesehatan di Jawa Timur. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *