Buka Kantor di Surabaya, BEI Komitmen Kembangkan Pasar Modal

Surabaya, JP – Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan kantor perwakilan Jawa Timur di Surabaya, Senin (27/6). Peresmian kantor perwakilan yang berlokasi di Jalan Kusuma Bangsa No.19 Surabaya, dilakukan Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi.

“Peresmian kantor perwakilan ini sebagai bentuk komitmen pengembangan pasar modal di wilayah setempat. Ini merupakan bukti komitmen BEI dalam mengembangkan pasar modal di Provinsi Jawa Timur,” kata Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI), Inarno Djajadi.

Dikatakan, dibangunnya kantor Perwakilan BEI Jatim sebagai upaya memperdalam pemahaman masyarakat terhadap pasar modal serta meningkatkan jumlah maupun keaktifan investor di pasar modal, khususnya di Provinsi Jatim.

Diharapkan akan banyak masyarakat di Jatim yang memanfaatkan pasar modal sebagai sarana investasi dan pembiayaan.

Baca Juga  Tahun Ini SGN Optimis Target Produksi Gula 1 Juta Ton Tercapai

“Hal ini seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jatim dan bertambahnya jumlah investor pasar modal di Jatim. Saat ini jumlahnya mencapai 1.173.147 Single Investor Identification (SID) berdasarkan data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia per Mei 2022,” ujarnya.

Inarno menambahkan, Kantor Perwakilan BEI Jatim merupakan salah satu dari 30 Kantor Perwakilan BEI yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dari Aceh hingga Papua.

Di wilayah Jawa Timur saat ini terdapat 50 kantor Anggota Bursa, 42 Perusahaan Tercatat, serta 78 Galeri Investasi BEI yang terdiri dari Galeri Investasi konvensional, Galeri Investasi Syariah, Galeri Investasi Digital dan Galeri Investasi Edukasi.

“Kantor Perwakilan BEI Jawa Timur sangat aktif melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi pasar modal, baik secara daring maupun luring, serta dapat menerima permintaan kunjungan dari umum pada Senin hingga Jumat dengan jam operasional selama masa pandemi dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB,” tuturnya.

Baca Juga  Pakuwon Jati Bagikan Deviden Rp 194 Milliar

Sementara itu, Anggota DPR RI dari Komisi XI Indah Kurnia menyebut bahwa Kantor Perwakilan BEI Jatim menjadi tempat yang sangat representatif bagi para emiten atau investor di pasar modal.

“Ada 42 emiten di Jatim yang berkantor di sini. Jadi ini menjadi tempat transaksi, edukasi dan segala hal aktifitas bisa dilakukan di gedung yang sangat milenial ini,” katanya.

Indah menegaskan, bahwa selama ini Komisi XI DPR RI sangat mendukung Indonesia Stock Exchange (IDX) atau bursa efek. IDX, kata dia, menjadi salah satu sumber likuiditas, sekaligus bagaimana meningkatkan literasi keuangan bangsa Indonesia.

“Karena jelas bahwa semakin tinggi tingkat literasi suatu bangsa, itu sangat nyata dan berkorelasi potitif terhadap tingkat kesejahteraan. Khususnya pada masa pandemi pertumbuhan saham melonjaknya sangat tinggi,” ujarnya. (eka/antara)

Baca Juga  Pelni Segera Ganti Kapal Yang Sudah Uzur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *