BNPT Ajak PT Smelting Kembangkan Kawasan KTN Turen

Malang, JP – Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar melakukan kegiatan panen jagung jenis hibrida di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Turen, Kabupaten Malang, Kamis (14/7). Kegiatan panen di KTN ini merupakan upaya BNPT dengan melibatkan pihak swasta salahsatunya PT Smelting sebagai aksi nyata untuk membina eks narapidana terorisme dalam proses deradikalisasi

Komjen Boy menuturkan program KTN Turen merupakan implementasi konsep pentahelix penanggulangan terorisme. “Kami membantu tiga traktor roda, dua pompa air, dua hand sprayer, dan satu cultivator untuk operasional KTN,” ungkap Boy.

Lahan KTN Turen seluas 13,5 hektare dapat menghasilkan sekitar 80 ton jagung. “Lahan ini diusahakan oleh mitra deradikalisasi dan masyarakat setempat. Kami berharap ini menjadi sarana pencegahan terorisme sekaligus reintegrasi sosial bagi mitra deradikalisasi,” terangnya.

Baca Juga  Tenpina BPBD Jatim Lolos Nomine 198 Top Finalis KIPP Sinovik 2023

Dalam kesempatan itu Boy menegaskan KTN adalah wadah yang dibentuk BNPT dengan melibatkan banyak pihak agar bersama-sama dalam aksi nyata untuk membina eks narapidana terorisme dalam proses deradikalisasi. Tak hanya untuk mitra deradikalisasi (mitra derad), KTN diharapkan dapat meningkatan taraf ekonomi masyarakat di sekitar lokasi KTN.

“Jangan ragu untuk berinovasi dan bekerjasama dengan semua pihak agar KTN memberikan dampak yang luar biasa kepada mitra derad, penyintas dan warga sekitar,” jelas Boy

Menurut Boy, inovasi sangat penting dalam mensukseskan program deradikalisasi berbasis kesejahteraan. “Kita perlu melakukan langkah nyata agar mitra derad menyadari bahwa negara hadir dan peduli terhadap mereka sehingga tidak pudar niatan untuk selalu mencintai NKRI dan menjauhi radikalisme serta terorisme,” terang Boy.

Baca Juga  Pertamina Lubricants Pamerkan Produk di Surabaya Manufaktur

BNPT sejauh ini sudah membangun 3 KTN yaitu KTN di Turen Kabupaten Malang Jawa Timur, KTN di Sumbawa NTB, dan KTN Garut Jawa Barat.

Untuk KTN Turen, salah satunya adalah mengembangkan perkebunan jagung dan pengolahannya. Dalam waktu dekat hasil KTN Turen akan panen raya jagung. “Hasilnya jagung akan diolah dan dijual melalui Koperasi Artha Harmoni Bangsa yang anggotanya adalah mitra derad,” tutur Boy.

Sebelumnya pada Maret 2022, pada pembukaan KTN Turen Malang oleh BNPT, PT Smelting juga membantu  20 kambing kepada kelompok masyarakat yang tergabung dalam Koperasi Arta Harmoni Bangsa di Kecamatan Turen, Malang.

Senior Manager General Affairs PT Smelting Saptohadi Prayetno mengatakan, jenis kambing yang diberikan kepada peternak di KTN Turen adalah kambing BoerPE yang merupakan kambing tipe pedaging hasil persilangan antara kambing Boer dari Afrika Selatan dengan kambing Peranakan Etawa (PE).

Baca Juga  Ini Sepatu Berkendara Offroad yang Paling Aman

Kepala BNPT, Boy Rafli Amar sendiri secara khusus saat itu menyampaikan terimakasih kepada PT Smelting yang telah membantu perintisan KTN Turen. Menurut Boy, ini adalah wujud kepedulian semua pihak dalam agendanya deradikalisasi melalui pendekatan kesejahteraan.

“Kepada PT Smelting yang telah membantu dalam bidang peternakan, kami sampaikan terimakasih. Semoga kerjasama dengan banyak pihak ini bisa membawa dampak baik bagi masyarakat,” tutur Boy dalam sambutannya. (eka)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *