Bea Cukai Gresik Fasilitasi Kerjasama UMKM Gresik dengan Perusahaan asal Jepang

Gresik,JPKantor Bea Cukai Gresik menerima kunjungan Atase Keuangan KBRI Tokyo, Bapak Sony Surachman Ramli, beserta para pengusaha Jepang. Rombongan Atase Keuanhan KBRI Tokyo ini untuk melaksanakan penandatanganan kontrak bersama dengan Koperasi Kriya Giri Sejahtera binaan kolaborasi Bea Cukai Gresik dan Pemerintah Kabupaten Gresik.

Dalam kerjasama tersebut berpotensi menghasilkan pembelian produk kerajinan rotan sebanyak satu kontainer.

Selain melaksanakan penandatangananan MOU, dalam kunjungun kali ini juga dilaksanakan negoisasi atas rencana pembelian 11 kontainer produk kayu dari Kabupaten Gresik. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Gresik, dengan dihadiri para pimpinan instansi terkait serta dilaksanakan display produk-produk UMKM Kabupaten Gresik.

Sebelum melaksanakan kunjungan ke pendopo, Atase Keuangan KBRI di Tokyo, Jepang  beserta rombongan diterima Bier Budy Kismulyanto, selaku Kepala Kantor Bea Cukai Gresik dengan bertempat di Kantor Bea Cukai Gresik. Usai pertemuan dilanjutkan diskusi bersama Ayu selaku Pimpinan KEK JIIPE.

Baca Juga  GIIAS Surabaya Dibuka Hari ini, 13 Merek Mobil Pamerkan Produk Anyar

Pertemuan di JIIPE ini untuk menggali potensi investor Jepang membangun pabrik dengan bahan baku tembaga produksi PT Freeport yang beberapa minggu lalu telah dilakukan zoom metting antara KEK JIIPE dengan calon investor yang difasilitasi oleh Atase KBRI di Tokyo.

Atase Keuangan KBRI di Tokyo, Sony Surachman Ramli, menyampaikan bahwa Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Micronesia, Ir. Heri Akhmadi beserta jajaran KBRI Tokyo berkomitmen untuk meningkatkan nilai ekspor produk Indonesia ke Jepang terutama produk UMKM. Mengingat sumber daya bahan baku dan pekerja UMKM adalah murni pemberdayaan sumber daya dalam negeri.

“Sehingga dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Sony.

Baca Juga  Petrokimia Gresik Dukung Keberlanjutan Pertanian Melalui Program MAKMUR

Pada kesempatan terpisah, Bea Cukai Gresik menjembatani kegiatan kunjungan para pengusaha Jepang bersama atase KBRI tokyo ke Desa Wisata Rotan Trangsan, Kabupaten Sukoharjo dengan turut menggandeng Bea Cukai Surakarta.

Kegiatan ini merupakan komitmen Bea Cukai Gresik untuk mendukung #EksporItuMudah serta sebagai upaya untuk mendukung UMKM daerah lain agar dapat menembus pasar internasional sebagaimana contohnya adalah Koperasi Kriya Giri Sejahtera binaan Klinik Ekspor Bea Cukai Gresik bersama Pemkab Gresik yang produknya telah berhasil menembus Pasar Industri Jepang.

Adapun dalam kegiatan ini juga turut dilaksanakan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi produksi industri rotan Krangsan serta pengenalan produk rotan melalui display produk-produk unggulan rotan dihadapan para pengusaha Jepang secara langsung.

Baca Juga  Juli 2022, Ekspor Nonmigas Jatim Tumbuh 11 Persen

Rombongan juga menyempatkan untuk melakukan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Surakarta. Pada kesempatan tersebut, Bier Budy Kismulyanto, Kepala Kantor Bea Cukai Gresik menyampaikan maksud mendampingi pengusaha asal Jepang ke Surakarta.

“Kita berkunjung ke Surakarta karena ada kesamaan produk unggulan antara Gresik dengan Surakarta, terkait dengan rotan yang nanti dapat dikolaborasikan,” paparnya.

“Antara produk rotan Gresik dengan yang ada di Surakarta sedikit berbeda, sehingga nanti Bea Cukai Surakarta, Bea Cukai Gresik dan Bea Cukai di manapun dapat berkolaborasi dan mendorong UMKM ini untuk ekspor,” pungkasnya. (eka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *