Bazaar UMKM, Cara K3PG Hadirkan Produk Rumah Tangga ke Masyarakat

Gresik, JP – Sebagai lembaga koperasi yang menaungi karyawan PT Petrokimia Gresik, Koperasi Karyawan Keluarga Besar Petrokimia Gresik (K3PG) tidak hanya bergerak meningkatkan kesejahteraan karyawan, namun juga turut membantu Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) mendapatkan pasar produknya. Upaya itu dilakukan dengan menggelar Bazar UMKM yang berlangsung mulai  15 -21 agustus tahun 2022 di halaman Joglo Petrokimia Gresik.

Bazar UMKM ini, menghadirkan beragam produk usaha produk usaha kecil menengah (UMKM) merupakan rangkaian peringatan HUT RI ke 77 dan HUT K3PG ke 38.

Ketua Pengurus K3PG, Awang Djohan Bachtiar, mengatakan, bazar UMKM bertajuk “K3PG Fest” merupakan bukti komitmen Petrokimia Gresik menggeliatkan UMKM.

Kegiatan ini, diharapkan menjadi pembuka sebagai upaya recovery UMKM. Mengingat saat ini, aturan-aturan terkait keberadaan Covid-19 mulai dilonggarkan.

Baca Juga  Sriboga Dorong UMKM Ciptakan Inovasi Kuliner Nusantara

“Jadi iklim kebangkitan ekonomi khususnya pelaku UMKM dapat dimulai dari halaman Joglo Petrokimia Gresik,” ujar Awang Djohan Bachtiar, saat meninjau stand bazar, Selasa malam (16/8).

Petrokimia Gresik melalui K3PG terus mendukung agar UMKM ini terus bangkit. Karena UMKM akan memberikan multiplier effect yang sangat luar biasa, salah satunya menciptakan lapangan kerja baru.

“Bazaar ini diharapkan menjadi pilot project untuk meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM agar naik kelas,” paparnya.

K3PG Fest, diikuti sebanyak 66 pelaku UMKM, terdiri dari 46 stan kuliner dan 20 stan non kuliner diantaranya kerajinan, mainan anak anak dan  industri rumah tangga.

“K3PG Fest melibatkan UMKM yang ada di sekitarnya, misal usaha kuliner maupun mon kuliner. Dengan begitu, target percepatan pemulihan ekonomi akan terwujud,” tegasnya.

Baca Juga  Kini Warga Wiyung Surabaya Terbebas dari Langganan Banjir

Lebih jauh, Awang Djohan Bachtiar, menjelaskan, komitmennya menyejahterakan anggota. Pada tahun 2022 target sisa hasil usaha (SHU) K3PG meningkat 332 persen atau lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan RKAP 2021.

“Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan kesejahteraan anggota,” tandasnya.

Awang Djohan Bachtiar yang baru dilantik menjadi Ketua Pengurus K3PG peiode 2022-2025 pada tanggal 22 Juni 2022 akan mengoptimalkan kreativitas sumber daya manusia (SDM) yang didominasi kelompok generasi muda.

“Penerapan ERP (enterprise resource planning) akan terus ditingkatkan hingga 100 persen. Sehingga SDM K3PG tidak lagi bekerja manual, tapi dengan cara digital menuju K3PG lebih hebat lagi,” jelasnya.

Menurutnya, K3PG saat ini telah menghadirkan produk air minum baru “Eau Mineral”. Produk baru air minum dalam kemasan ini, diproduksi dengan sejumlah inovasi dan melalui standarisasi operasional usaha maupun layanan lebih efektif dan efisien.

Baca Juga  4.000 Paket Sembako Murah Petrokimia Gresik Ludes Diserbu Emak-emak

“Semoga upaya K3PG ini benar-benar membawa berkah sejahtera bagi anggota maupun masyarakat yang ada di sekitar koperasi,” pungkas Awang. (sat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *