Bangkitkan UMKM, CitraLand Gelar Festival dan Fashion Show UMKM di G-Walk

Surabaya, JP – Bangkitkan UMKM, CitraLand Gelar Festival dan Fashion Show UMKM di G-WalkBeragam cara dilakukan untuk membangkitkan binsis kalangan UMKM. Salah satunya lewat pameran dan fashion show produk UMKM seperti yang dilakukan CitraLand Surabaya dengan menggelar Festival UMKM di G-Walk.

Menurut Sutoto Yakobus, senior director Ciputra Group, UMKM harus terus didorong agar mereka semakin berkembang. Apalagi UMKM adalah penopang utama perekonomian Indonesia. Hampir sekitar 99 persen bisnis di Indonesia adalah kelompok UMKM.

Selain itu, membangkitkan UMKM juga seiring dengan keinginan founder Ciputra Group, Ir. Ciputra yang ingin mencetak enterepreneur sebanyak mungkin di Indonesia. Sebab itu, semua pihak harus saling mensupport untuk kebangkitan UMKM di Indonesia.

“Mereka harus terus didorong untuk bisa masuk ke digital market. Sekarang membangun usaha tidak harus punya ruko. Di rumah juga bisa. Asal marketinnya sudah go-digital. Kami di UC juga ada tim yang membantu para UMKM dari sisi strategi bisnisnya baik packaging, kualitas produk dan cara masuk ke digital market,” kata Sutoto Yakobus disela acara Festival UMKM di CitraLand Surabaya, Rabu 8/6).

Baca Juga  Pebalap AHRT Optimis Raih Hasil Baik di Putaran Kedua JuniorGP Valencia

Sementara itu, Nada Putri, City Manager CitraLand Surabaya menambahkan, Festival UMKM digelar mulai tanggal 4-11 JUni 2022. Ada sekitar 100 an UMKMyang ikut dalam kegiatan ini. Mereka berasal dari UMKM binaaan empat kecamatan yakni Lakarsantri, Pakal, Benowo dan Sambikerep.

Festival UMKM CitraLand Surabaya merupakan pertama kalinya digelar. Namun sangat mungkin kedepan akan digelar secara periodik. Tujuan kegiatan ini untuk membangkitkan semangat para UMKM agar semakin berkembang seperti kuliner, batik, fashion, anke handy craft dan banyak lagi lainnya.

“Kegiatan ini juga untuk memperingati HUT Kota Surabaya yang ke 729. Kami berharap lewat Festival UMKM, mereka semakin termotivasi untuk terus berkarya lebih baik sehingga produk UMKM tidak hanya dikenal dipasar lokal, namun juga masuk ke pasar global. Kami juga menggandeng Bank Jatim dari sisi permodalan dan Grab untuk masuk ke platform digital,” kata Nada Putri.

Baca Juga  Wisata Sumber Gempong Trawas, Cocok Untuk Isi Liburan Nataru Gak Jauh dari Surabaya

Tidak hanya pameran. Pihaknya juga menggelar beragama acara menarik lainya. Selain live music juga ada perform ludruk dari para camat, talkshow bisnis dan juga fashion show. Bahkan fashion shopw yang digelar tanggal 8 Juni 2022 cukupm marak. Ada 30-an pelaku UMKM yang ikut fashion show.

Mereka satu-persatu berlenggak-lenggok diatas stage layaknya model professional memperagakan aneka produk UMKM yang mereka produksi. Fashion show ini selain untuk semakin memperkenalkan dan mempromosikan pada masyarakat beragam produk UMKM, juga untuk memberikan support pada pelaku UMKM agar semakin semangat dalam mengembangkan usahanya.

“Suasananya semakin ramai. Ada 30 pelaku UMKM yang ikut dalam gelaran fashion show. Mereka mempromosikan dan memperagakan berbagai produk yang mereka hasilkan,” kata Nada.

Baca Juga  Rumah Dinas Wali Kota Malang Dibuka Untuk Umum

Sementara itu, Camat Lakarsantri, Harun Ismail, menambahkan, pihaknya menyambut baik gelaran Festival UMKM ini. Dia berharap agar kegiatan semacam ini tidak dilakukan setahun sekali, namun kalau bisa tiga bulan atau enam bulan sekali. Agar para pelaku UMKM semakin termotivasi. Pihaknya juga menjalin kerjasama dengan UC. Bahkan beberapa produk UMKM sudah go internasional.

“Mudah-mudahan acara ini bisa membangkitkan UMKM. Nanti kami komunikasikan agar acaranya bisa digelar tiga atau enam bulan sekali. Ini tempat sangat strategis dan romantis,” kata Harun Ismail. (indra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *