Arumi Dardak Lantik Pj. Ketua TP PKK Kota Mojokerto

JATIMPEDIA, Mojokerto – Ketua tim penggerak (TP) PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak melantik Penjabat (Pj) Ketua tim Penggerak PKK Kota Mojokerto Nia Wayanti Ali Kuncoro di Pendopo Shaba Mandala Tama Jl. Gajahmada Balai Kota Mojokerto, Minggu (10/12).

“Sore ini kita sudah menjalani pelantikan penjabat Ketua TP PKK Kota Mojokerto yang mudah-mudahan ini membawa berkah juga untuk Kota Mojokerto,” Kata Arumi.

Kepada Pj. Ketua TP PKK Kota Mojokerto ia berpesan agar segera melakukan identifikasi masalah dan merencanakan program kerja ke depan. Karena menurutnya setiap kabupaten kota tentu memiliki permasalahan yang unik dan berbeda-beda.

“Apa yang tidak ada di kabupaten mungkin ada di kota, yang ada di kota belum tentu ada di kabupaten. Jadi harus diidentifikasi dan merencanakan program, dibantu oleh tim penggerak PKK yang sudah luar biasa,” kata Arumi Bachsin dalam sambutannya.

Ia juga berpesan dalam implementasi program pokok dan program prioritas PKK harus disesuaikan dengan kultur daerah setempat. Karena hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap keberhasilan program-program yang dijalankan.

Baca Juga  Festival Rujak Uleg Meriah, Perwakilan Asing Menikmati Sensasi Nguleg

“Yang namanya kota itu mempunyai tendensi perubahan kultur juga di masyarakat behaviornya juga berubah harapannya ini bisa diidentifikasi bersama dengan Pak PJ. Walikota,” ucapnya.

Ia mengatakan identifikasi permasalahan juga akan bermanfaat untuk mengetahui bidang mana yang perlu dilakukan penguatan.

Misalnya di Kota Mojokerto angka perkawinan anak sudah sangat kecil maka bisa dilakukan penguatan atau intervensi di bidang lainnya.
“Jadi bisa punya banyak waktu dan tenaga untuk memfokuskan diri di sisi yang lain misalnya,” tuturnya.

Ketua TP PKK Jatim yang juga menjabat Ketua Dekranasda Jatim ini menjelaskan bahwa TP PKK memiliki 10 program pokok dan program kerja prioritas yang mengacu pada program kerja TP PKK pusat.

Diantaranya modernisasi gerakan TP PKK, pembinaan pola asuh anak dan remaja di era digital, cegah perkawinan anak, gerakan keluarga Indonesia dalam peningkatan kualitas pengelolaan ekonomi (gelari pelangi), gerakan amalkan & kukuhkan halaman asri, teratur, indah dan nyaman PKK, serta keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana.

Baca Juga  Wali Kota Mojokerto Lepas Keberangkatan Kafilah pada MTQ XXX Jatim

Ia mengatakan berbagai program strategis di atas harus laksanakan karena ada target-target yang harus dicapai sesuai permintaan dari TP PKK pusat. Oleh sebab itu ia meminta agar Pj. Ketua TP PKK Kota Mojokerto menjalin kolaborasi dan sinergi dengan Pemerintah Kota Mojokerto.

“Ini akan sulit kalau kita kerja sendiri-sendiri, dari seluruh lapisan dari walikota dan jajarannya ini membutuhkan kerjasama yang luar biasa,” ucapnya.

Di akhir Arumi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada purna tugas Ketua TP PKK sebelumnya, Siti Fauziah Chairul Anwar. Karena ia menilai bahwa dedikasi dan pengabdian Siti Fauziah Chairul Anwar telah memberikan kontribusi berarti bagi TP PKK Kota Mojokerto.

“Tidak lupa saya ingin juga mengucapkan rasa apresiasi terima kasih yang luar biasa kepada ibu Siti Fauziah Chairul Anwar,” tuturnya.
Di kesempatan yang sama Ketua TP PKK Prov. Jatim memberikan piagam penghargaan kepada purna tugas ketua TP PKK Kota Mojokerto. Hal ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pengabdian yang telah diberikan kepada PKK Kota Mojokerto.

Baca Juga  ASN Pemkot Mojokerto Diimbau Beli Beras Lokal

Sementara itu, Pj Walikota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro menyampaikan tugas PKK tidaklah mudah karena di satu sisi harus bisa membangun keluarga yang tangguh dan di sisi lain harus turut serta berkontribusi dalam pembangunan melalui penurunan angka stunting dan pengentasan kemiskinan. Oleh sebab itu ia menyampaikan pentingnya berkolaborasi dan sinergi serta mengupgrade kualitas diri termasuk bagi pengurus TP PKK Kota Mojokerto.

“Mari sama-sama berbenah, Mojokerto ini tidak punya sumber daya alam Mojokerto ini saya lihat kuat di human resourcenya oleh karena itu kita harus punya prinsip high quality human resource for high quality public service” Kata Pj. Walikota Mojokerto.

Hadir Pj. Walikota Mojokerto Moh. Ali Kuncoro, Ketua Komisi 3 DPRD Kota Mojokerto Ery Purwanti, Purna Tugas Ketua TP PKK Kota Mojokerto Siti Fauziah Chairul Anwar, Sekda Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, sejumlah Ka. OPD di lingkungan Pemkot Mojokerto, Pengurus TP PKK Prov. Jatim, dan segenap pengurus TP PKK Kota Mojokerto. (sat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *