Aplikasi SIP Banget Kota Batu Raih TOP 45 Sinovik

Batu, JP – Aplikasi Sistem Informasi Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif (SIP Banget) dinobatkan sebagai Top 45 sistem informasi inovasi pelayanan publik (Sinovik) oleh Kemenpan RB.

SIP Banget merupakan layanan informasi berbasis teknologi digital yang dikembangkan Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu. Layanan ini diluncurkan sebagai sarana memperluas promosi industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, Kota Batu memiliki potensi wisata dan keunikan yang menjadi magnet untuk menarik kunjungan wisatawan. Sehingga untuk menonjolkan potensi itu butuh langkah komprehensif dan integratif. Termasuk juga dalam hal promosi dan pemasaran industri pariwisata.

 

“Butuh format yang efektif untuk mempromosikan pariwisata. Melalui aplikasi SIP Banget, disajikan informasi pariwisata lengkap. Sehingga wisatawan ditawarkan banyak pilihan menikmati liburan di Kota Batu,” papar Arief.

Baca Juga  Wali Kota Batu : Sendratari Arjuna Wiwaha

Lebih lanjut, Arief menambahkan, Kota Batu mengkombinasikan mass tourism dan wisata pedesaan dari industri pariwisata dan ekraf berbasis potensi dan karakteristik tiap desa/kelurahan.

Produk parekraf di tiap desa/kelurahan yang ada di Kota Batu, memiliki peluang besar menembus pasar global. Namun, peluang itu belum digarap secara optimal. Lantaran promosi dan pemasaran masih dilakukan secara konvensional. Sehingga butuh peningkatan layanan teknologi informasi agar jangkauannya lebih luas.

 

Selain menawarkan promosi parekraf secara luas, SIP Banget juga memberikan layanan kemudahan transaksi secara digital berbasis QRIS. Layanan transaksi digital itu dapat diakses melalui laman website sipbanget.batukota.go.id. mengakomodir produk parekraf di delapan desa/kelurahan wisata dan 12 paket wisata tematik.

Baca Juga  Pengembangan Kawasan Bawang Merah Kota Batu Bisa Kendalikan Inflasi

“SIP Banget juga terintegrasi dengan layanan sistem informasi Among Batu. Serta zistem aplikasi smart city Pemkot Batu yang memuat segala informasi aktual tentang Kota Wisata Batu,” pungkas Arief. (sat)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *