50 Ribu Jubung Petronite Fest Pecahkan Rekor MURI

Gresik, JP — Jubung atau jenang hitam khas Gresik berhasil masuk rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Itu terjadi setelah 50 ribu jubung yang dibungkus daun siwalan kering menjadi jubung terbanyak yang dibagikan dalam pamera PetroNite Fest.

Dalam menyemarakkan ulang tahun emas atau HUT PT Petrokimia Gresik yang ke-50, memecahkan rekor MURI dengan menyajikan jajanan Jenang Jubung  terbanyak pada pembukaan pameran PetroNite Fest,Minggu (17/7) malam.

Rekor MURI itu tersaji setelah Jubung yang dibuat melingkar di angka 50, merupakan sajian jajanan jubung terbanyak selama ini.
Jajanan jenang jubung merupakan kudapan khas Gresik dengan taburan wijen diatasnya ini juga menjadi kudapan pengunjung pameran PetroNite Fest usai pembukaan.
Direktur Utama Petrokimia Gresik Dwi Satrio Annurogo menyampaikan, pembuatan 50 ribu jenang jubung itu melibatkan setidaknya 35 UMKM di sekitar Petro.
“Ini juga bagian dari upaya kita menggairahkan UMKM kita yang sempat lesu,” ujarnya.
Nah, dalam pembukaan resmi PetroNite Fest itu, 50 ribu jenang jubung dibagikan kepada pengunjung yang hadir.
“Kebetulan event ini terdapat 463 stand dari berbagai kelompok UMKM, komunitas seni, makanan tradisional dan sebagianya,” papar Dwi.
Sementara itu, perwakilan MURI Sri Widayati mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Petrokimia Gresik. Menurut dia, penyajian jrnang jubung ini dapat menggeliatkan ekonomi masyarakat yang sempat terpukul saat pandemi.
“Apalagi dalam event ini banyak UMKM terlibat ya,” katanya.
Salah satu pengunjung pameran PetroNite Fest,  Galih Wibisono mengaku, bangga makanan khas Gresik bisa memecahkan rekor MURI. Selama ini, baru kalu ini dia melihat 50 ribu jubung ditempatkan dalam satu wadah besar membentuk angka.
“Bangga dong makanan khas Gresik tercatat dibrekor MURI. Sering sering saja Petrokimia Gresik bikin acara seperti ini. Bikin rekor MURI lalu pecah rekor dan kemudian makanannya dibagikan ke pengunjung,” kelakar warg Kelurahan Bedilan, Kecamatan Gresik ini.
PetroNite Fest sendiri rencananya digelar hingga  24 Juli mendatang.
Selain itu, dalam pembukaan resmi event tersebut, Petrokimia Gresik memberikan beasiswa kepada petani muda darj empat sekolah yang berada dari Gresik, Blitar, Lamongan dan Kediri. (rafi)
Baca Juga  Gubernur Khofifah Lantik Anggota Komisi Informasi Jatim Masa Jabatan 2023-2027

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *